Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 

Naskah manuskrip yang ditulis harus tersusun atas komponen-komponen artikel ilmiah berikut (sub judul-sesuai urutan), yaitu sebagai berikut:

  1. Judul Artikel: Judul naskah harus dituliskansecara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat hasil riset yang telah dilakukan, tidak memberi peluang dan penafsiran yang berragam. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Kemukakan terlebih dahulu gagasan utama artikel baru diikuti dengan penjelasan lainnya.
  2. Nama Penulis dan Afiliasinya: Semua nama lengkap penulis (terdiri dari firstname dan lastname) dicantumkan dalam naskah tanpa gelar akademik. Penulis koresponensi harus ditandai dengan tanda asterisk *). Jika penulis lebih dari satu, nama penulis dipisahkan dengan koma (,). Afiliasi penulis dituliskan lengkap di bawah baris penulis. Afiliasi harus tidak menyebutkan kedudukan penulis, misalnya dosen atau mahasiswa. Tandai nama-nama penulis dengan superscript nomor afiliasi di belakang nama;
  3. Abstrak dan Kata Kunci: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia jika artikel berbahasa Indonesia. Jika artikel berbahasa Inggris, cukup tuliskan dalam Inggris. Jumlah kata dibatasi maksimal 150. Abstrak harus dibuat seringkas mungkin, akurat dan jelas serta menggambarkan apa yang Anda lakukan dan menegaskan hasil penelitian/pengembangan kunci. Kata kunci Inggris sebanyak 3-5 kata kunci disisipkan setelah abstrak Inggris, sedangkan kata kunci Indonesia setelah abstrak Indonesia. Tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda titik koma (;).
  4. Pendahuluan : Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, analisis gap dari apa yang telah dihasilkan oleh peneliti terdahulu dan pernyataan pentingnya penelitian Anda dilakukan. Di bagian akhri pendahuluan harus dinyatakan secara eksplisit tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut. Penulis harus menghindari duplikasi/pengulangan penjelasan yang tidak perlu atas karya sendiri/orang lain yang telah diterbitkan.
  5. Metode Penelitian :Metode penelitian menjelaskan tahapan penelitian/pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan/sasaran penelitian. Tiap tahap dijelaskan secara ringkas (misalnya tiap tahap dalam satu paragraf). Informasikan juga bahan/materi/platform yang digunakan dalam penelitian, meliputi subjek/bahan yang diteliti, alat / perangkat lunak bantu yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik mengambil data), analisis dan model statistik yang digunakan.
  6. Hasil dan Pembahasan : Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian/pengembangandan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu , harus dijelaskan juga perbandingannya dengan konsep-konsep yang telah ada serta perbandingannya dengan penelitian-penelitan sebelumnya, apakah hasilnya penelitian sesuai atau tidak, menjadi lebih baik atau tidak dan aspek lainnya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. Di bab ini juga disarankan untuk menuliskan implikasi hasil penelitian baik teoritis maupun penerapan.
  7. Kesimpulan : Kesimpulan cukup menjawab hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Kesimpulan dinyatakan sebagai paragraf . Numbering atau itemize tidak diperkenankan di bab ini. Subbab (misalnya A. Kesimpulan, B. Saran) juga tidak diperkenankan dalam bab ini.
  8. Ucapan Terima Kasih (Opsional): Ucapan terima kasih hanya ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian.
  9. Daftar Pustaka: Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar pustaka harus berisi minimal 20 (dua puluh) pustaka-pustaka acuan yang berasal dari 80% sumber primer (jurnal ilmiah, prosiding konferensi, buku referensi hasil penelitian) yang diterbitkan 5 (lima) tahun terakhir. Format sitasi dan penyusunan daftar pustaka harus mengikuti format IEEE. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi, misalnya Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya. Berikut adalah contoh penulisan rujukan dari berbagai sumber

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.