Increasing Fish Production From Bagan Tancap Fishermen In Rebo Village, Bangka Regency With Deep Water Lamp Technology (Lacuda)

Meningkatkan Produksi Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Bagan Tancap Desa Rebo Kabupaten Bangka Dengan Teknologi Lampu Celup Dalam Air (Lacuda)

  • Kurniawan Kurniawan
  • Arthur Muhammad Farhaby

Abstract

Potensi perikanan yang terdapat di Kabupaten Bangka yang memiliki nilai ekonomi tinggi diantaranya adalah cumi-cumi dan teri. Biasanya, nelayan menangkap kedua jenis ikan ini dengan menggunakan alat tangkap bagan tancap (fixed bagan). Bagan tancap biasanya menggunakan lampu neon atau lampu AC yang menggunakan arus listrik yang kuat dan memakan banyak biaya dalam pengoperasiannya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah nelayan yang menggunakan Lacuda sebagai alat bantu penangkapan ikan pada alat tangkap bagan tancap dan menyebarkan teknik perakitan lacuda dari lampu LED menggunakan bahan yang sederhana. Pengabdian ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di laboratorium MSP UBB dan di Desa Rebo Kabupaten Bangka. Waktu pelaksanaan dilaksanakan pada Bulan Mei-Oktober 2017. Perakitan lacuda menggunakan bahan sederhana dan dilakukan perakitan berdasarkan metode Kurniawan (2017) dengan menggunakan lampu LED. Lacuda yang sudah dirakit dibagikan ke kelompok nelayan dan diberikan pengarahan terkait penelitian yang telah dilakukan dan teknik pengoperasiannya. Penyebaran IPTEK perakitan lacuda ini juga dilakukan dengan menggunakan
media sosial dengan melakukan pembuaan video perakitan lacuda. Penyerahan lacuda rakitan diberikan kepada 2 (dua) kelompok nelayan yang diketuai oleh Bapak Asui dan Bapak Ibnu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
Kurniawan, K., & Farhaby, A. (2018). Increasing Fish Production From Bagan Tancap Fishermen In Rebo Village, Bangka Regency With Deep Water Lamp Technology (Lacuda). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 4(1). https://doi.org/10.33019/jpu.v4i1.166
Abstract viewed = 1000 times
pdf downloaded = 681 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>