Improving Human Resources And Public Administration Services For The Realization of Air Mesu Timur Yang Bersinar (Clean, Santun, Beautiful, Comfortable, and Religious)

Peningkatan Sumberdaya Manusia Dan Pelayanan Administrasi Publik Demi Terwujudnya Air Mesu Timur Yang Bersinar (Bersih, Santun, Indah, Nyaman, Dan Religius)

  • Duwi Agustina Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung
  • Maya Yusnita Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung
  • Hidayati Hidayati Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu tujuan dari KKN ialah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya serta mengembangkan softskills dan karakter mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata XII Universitas Bangka Belitung dibidang tematik yang diselenggarakan di desa Air Mesu Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengoptimalkan pelayanan administrasi publik demi terwujudnya Air Mesu Timur yang BERSINAR (Bersih, Santun, Indah, Nyaman, dan Religius). Metode pelaksanaan dilakukan melalui survey, sosialiasi serta pendampingan terhadap warga yang dilaksanakan selama 35 hari kerja. Peserta KKN merupakan mahasiswa UBB yang berasal dari empat Fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, FISIP dan Fakultas Hukum. Program yang terlaksana diantaranya Sosialisasi dan Pembuatan Laporan Keuangan Desa, Pembuatan Web Desa, Pengembangan Sektor Kewirausahaan, Sosialisasi dan Pendaftaran Keanggotaan BPJS Kesehatan, Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba, Pendidikan Keaksaraan, Rumah Pintar, serta Peringatan Hari Kemerdekaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
Agustina, D., Yusnita, M., & Hidayati, H. (2018). Improving Human Resources And Public Administration Services For The Realization of Air Mesu Timur Yang Bersinar (Clean, Santun, Beautiful, Comfortable, and Religious). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 5(1), 30-35. https://doi.org/10.33019/jpu.v5i1.684
Abstract viewed = 565 times
pdf downloaded = 522 times