Perancangan dan Pembuatan Troli Kapasitas 240 kg Guna Mempersingkat Waktu Pencucian, Pelapisan, dan Distibusi Part Wedges Type D6 Pada PT. UMA

Authors

  • Oktavianus Ardhian Nugroho POLITEKNIK INDUSTRI ATMI https://orcid.org/0000-0003-2691-7354
  • Y.B. Adyapaka Apatya Politeknik Industri ATMI
  • Dimas Bagus Dwiyantoro Politeknik Industri ATMI
  • Phillips Dede Kurniawan Politeknik Industri ATMI

DOI:

https://doi.org/10.33019/4krpa141

Keywords:

wedges, trolley, washing, coating, distribution, safety, ergonomics

Abstract

  1. PT. Ultimax Mitra Agung Indonesia (PT. UMA) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang quality control. Proses pengendalian mutu produk yang menjadi bagian penting dalam sistem produksi perusahaan ini. Salah satu produk yang dibuat dan dijaga kualitasnya adalah part wedges tipe D6. Proses pencucian dan pelapisan wedges type D6 harus wajib dilakukan, sebelum part mulai di assembly. Selama ini proses yang dilakukan masih secara manual. Proses distribusi box menjadi yang paling crusian karena masing-masing box memiliki berat 30 kg/box dan proses ini dilakukan secara berulang. Hal ini berpotensi menimbulkan kelelahan fisik dan risiko cedera selain itu PT UMA mengganggap proses ini tidak efektif dan efisien. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sebuah troli berkapasitas 240 kg yang mampu membawa enam box wedges. Proses pencucian dengan solar dan pelapisan dengan oli, yang sebelumnya dilakukan manual di bak pencuci sekarang bisa dilakukan di atas troli. Dengan troli hasil rancangan tidak hanya mempercepat proses pencucian dan pelapisan, tetapi juga mempermudah tahapan selanjutnya yaitu proses distribusi wedges ke area assembly. Mekanisme penuangan wedges pada troli dibuat menggunakan sistem katrol, sehingga memudahkan pengeluaran wedges dari box secara efektif. Selain itu, untuk safety troli ini dilengkapi dengan absorber sebagai sistem peredam. Dari hasil rancangan dan pengujian menunjukkan bahwa troli berfungsi dengan baik, kokoh menahan beban, dan mampu meningkatkan ke-effektifitasan para operator bekerja, dimana sebelumnya proses ini membutuhkan waktu 40 menit 34 detik / 240 kg berubah menjadi 21 m 8 detik  / 240 kg. Selain troli didesain dengan bentuk mengikuti prinsip ergonomi sehingga tingkat keselamatan dan kenyamanan operator meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Sokhibi, M. A. Alifiana, and M. I. Ghozali, "Perancangan Troli Ergonomi pada Aktivitas Pengangkutan Beras di Penggilingan Padi," vol. 2, no. 2, p. 111, 2018.

[2] M. S. Anggraini and H. Setiawan, "Perancangan Troli Galon Berbasis Ergonomic Function Deployment (EFD)," vol. 4, no. 1, pp. 20-28, 2022.

[3] A. A. Nashida, D. A. Nuriyadi, N. S. Prameswari, I. P. Senthika, Z. N. Rahma, and R. A. Imran, "Perancangan Troli Ergonomis sebagai Alat Bantu Angkut Karung dengan Quality Function Deployment pada Penggilingan Padi Sri Rezeki di Banyumas," vol. 8, no. 1, pp. 60-69, 2024.

[4] H. W. Johnstone Jr and M. L. Mifsud, "Wedge and bridge: A note on rhetoric as distinction and as identification," 1999.

[5] M. S. M SYAFUADTUDDIN, "Tinjauan Pelaksanaan Konstruksi Pekerjaan Struktur Box Girder Balance Cantilever Dengan Metode Form Traveler Pada Proyek Pembangunan Jembatan Ogan Tol Kayu Agung Palembang Betung," 2021.

[6] R. F. Ardhi and O. A. Putra, "Analisis Loss of Prestress PCI Girder Akibat Metode Post Tension Single Stressing Pada Proyek Jembatan dan Jalan x Karawang STA 0+ 225–0+ 300," vol. 5, no. 1, pp. 93-102, 2025.

[7] A. J. Card and safety, "The problem with ‘5 whys’," vol. 26, no. 8, pp. 671-677, 2017.

[8] A. R. Ardiansyah, G. Anindita, M. R. Dhani, Health, and E. Engineering, "Penerapan Metode Double Ishikawa dan 5 Whys Analysis Dalam Analisis Kecelakaan Loading Unloading Billet Baja," vol. 3, no. 1, pp. 66-73, 2025.

[9] C. B. K. Sampurno, O. A. Nugroho, and R. C. E. Putri, "Optimasi Kincir Air Tipe Undershot: Pengaruh Jumlah Sudu Dan Ketinggian Menggunakan Pendekatan Eksperimental: Bahasa Indonesia," vol. 10, no. 1, pp. 14-20, 2024.

[10] Y. S. Eddy, "Penyelesaian Penyebab Bottle Neck Article SOT 2875 Pada Proses Join Collar di PT Ameya Livingstyle Indonesia," vol. 3, no. 1, pp. 51-55, 2020.

[11] O. A. Nugroho, K. Y. Antonio, and G. Purwanto, "Perancangan dan Pembuatan Mesin Grinda Mantis Chip (GMC) Untuk Mengoptimalkan Proses Pengrindaan Chip Di PT. Promanufacture Indonesia," vol. 16, no. 02, pp. 154-162, 2024.

[12] O. A. Nugroho, I. A. Putra, A. W. C. Purnomo, and Y. Sarjono, "Rancang Bangun Mesin Crusher Bahan Nillon A402 Untuk Proses Daur Ulang di PT. Pandrol Indonesia," vol. 7, no. 2, 2024.

[13] A. W. C. Purnomo, O. A. Nugroho, and E. Septiawan, "Metode Matrix Morfology Untuk Perancangan Bangun Alat Perakit Knob Switch Assy Electric Park Brake Module," vol. 15, no. 01, pp. 64-73, 2023.

[14] O. A. Nugroho, Y. A. Apatya, F. O. S. P. Tukan, and Y. F. Sakti, "The Robot Design Rancang Bangun Robot Pembersih Solar PV Dengan Sistem Pengendali Nirkabel," vol. 14, no. 2, pp. 181-188, 2023.

[15] Y. Yang, H. Liu, H. Ma, P. Wang, Q. Han, and B. J. T. I. Wen, "Experimental study on vibration characteristics due to cage damage of deep groove ball bearing," vol. 185, p. 108555, 2023.

[16] D. Ginanti, "Structure Design And Strength Analysis of Child Seat For Motorcycle," vol. 7, no. 1, pp. 38-45, 2021.

[17] J. Kivistö-Rahnasto, "Machine safety design," vol. 4, no. 1, p. 1, 2000.

[18] E. Bluff, "Safety in machinery design and construction: Performance for substantive safety outcomes," vol. 66, pp. 27-35, 2014.

Published

2025-10-31

How to Cite

Perancangan dan Pembuatan Troli Kapasitas 240 kg Guna Mempersingkat Waktu Pencucian, Pelapisan, dan Distibusi Part Wedges Type D6 Pada PT. UMA. (2025). Machine : Jurnal Teknik Mesin, 11(2), 152-161. https://doi.org/10.33019/4krpa141

Share

Most read articles by the same author(s)