ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF ALAMI PADA BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG UNTUK SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH
DOI:
https://doi.org/10.33019/jm.v4i1.446Kata Kunci:
Zat aditif, Mesin sepeda motor, Emisi gas buangAbstrak
ABSTRAK
Dampak dari perkembangan teknologi otomotif mengakibatkan kebutuhan bahan bakar juga semakin meningkat. Dalam hal ini zat aditif digunakan untuk memberikan peningkatan sifat dasar dan nilai angka oktan tinggi untuk dapat meningkatkan kinerja mesin. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu prosentase campuran zat aditif dan premium sedangkan variabel terikat berupa emisi gas buang. Data yang diperoleh akan diplotkan pada grafik. dan akan dijadikan acuan untuk menilai besarnya pengaruh pemakaian zat aditif terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Dengan penambahan zat aditif akan memperbaiki proses pembakaran yang akan menurunkan kadar CO, CO2, HC, meningkatkan konsumsi oksigen (O2) dan akan menghilangkan senyawa NOx. Dari hasil penelitian yang dilakukan di dapat bahwa penurunan senyawa emisi gas buang yang signifikan terjadi pada Kadar CO yang di hasilkan oleh bensin yang telah di campur zat aditif konsentrasi (0.2 g :100 ml) pada putaran 1.000 rpm adalah 0.60% dengan penurunan sebesar 0.09%. Nilai penurunan yang terjadi pada putaran 1.000 rpm pembakaran menjadi lebih baik karena panas yang di hasilkan lebih stabil.
Unduhan
Referensi
[2] Tirtoatmodjo, R. 2001. Pengaruh Naphtalene Terhadap Perubahan Angka Oktan Bensin, Unjuk Kerja Motor dan Gas Buangnya. Jurusan Teknik Mesin-Universitas Kristen Petra.
[3] Arends.BPM dan Berenschot.H, 1980”Motor Bensin”, Erlangga, Jakarta
[4] Daryanto, 1996. Mesin Perkakas Bengkel”, PT. Rineka Cipta, Cetakan ketiga, Jakarta
[5] Kusnandar, Iwan 2011, “Pengaruh Penambahan Mygreenoil Dalam Premium Terhadap Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (Co) Pada Sepeda Motor Honda Supra X Tahun 2004”, Other Thesis, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
[6] Marsudi. Ir, 1979, “Motor Bakar 3”, Edisi ketiga, Jakarta.
[7] Werlin S nainggolan,1987,”Thermodinamika”, Cv. Armico, Bandung.
[8] Williar W.Pulkrabek, 2002 ”Engineering Fundamentals Of The Internal Combustion Engine”, Pearson Prentice Hall, Second edition.
[9] Zevy D. Maran, 2007, “Peralatan Bengkel Otomotif”, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
[10] Wahyu Eko Saputra, Harmen Burhanuddin, M.Dyan Susila, 2013, “Pengaruh Penambahan Zat Aditif Alami Pada Bensin Terhadap Prestasi Sepeda Motor 4-Langkah”, JURNAL FEMA, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Volume 1, Nomor 1, Januari 2013, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari machine atau staff redaksinya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.




