EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TUDUNG SAJI SEBAGAI IKON BANGKA BELITUNG
Abstract
Tudung saji merupakan salah satu ikon Bangka Belitung yang biasanya digunakan sebagai penutup hidangan makanan dalam dulang pada saat Adat Nganggung. Selain itu tudung saji juga menjadi ciri khas bangunan gedung perkantoran dan sarana lainnya sehingga mudah sekali dijumpai di Ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keterkaitan antara kebudayaan dengan pembelajaran matematika (etnomatematika) melalui motif tudung saji. Metode penelitian yang dilakukan dengan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan sebagai sumber data langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebudayaan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui penggunaan tudung saji memiliki unsur dan konsep pembelajaran matematika. Hasil eksplorasi pun menunjukan bahwa konsep-konsep pembelajaran matematika sederhana dapat dikaitkan dengan motif tudung saji. Seperti konsep bangun datar, transformasi ruang, kekongruenan, kesebangunan, hingga pengulangan (iterasi). Hal ini mengindikasikan bahwa untuk mempelajari matematika tidak selalu harus dilakukan dengan suasana formal atau di dalam kelas saja, melainkan dapat melakukan aktivitas atau berinteraksi dengan kebudayaan setempat. Pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan kebudayaan setempat (etnomatematika) dapat memberikan pemahaman yang lebih bermakna dalam mempelajari matematika.
Downloads
References
Fajriyah, E., 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, pp. 114-119.
Febriyanti, C, R. Prasetya & A. Irawan, 2018. Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12 (1), pp. 1-6.
Peraturan Bupati Bangka Nomor 4 Tahun 2017. Pelestarian dan Pengembangan Adat Istiadat dan Nilai Sosial Budaya Masyarakat di Kabupaten Bangka.
Putri, L, I., 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR. 4(1).
Richardo, R., 2017. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), pp. 118-125.
Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), pp. 22-28.
Zayyadi, M., 2017. Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. IGMA. 2(2), pp. 35-40.
https://diskominfo.pangkalpinangkota.go.id/content/standar-pelayanan-minimal-spm-hanya-untuk-pelayanan-dasar-tertentu tanggal 24 Maret 2017, diakses tanggal 17 Juli 2020.
https://regional.kompas.com/read/2017/09/21/18580031/tradisi-nganggung-di-pangkal-pinang-ajarkan-semangat-gotong-royong tanggal 21 September 2017, diakses tanggal 17 Juli 2020.
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.