PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SIMULASI HIDROLOGI-HIDRAULIKA UNTUK PENGENDALIAN BANJIR STUDI KASUS BENDUNGAN SERBAGUNA WONOGIRI JAWA TENGAH

  • Afif Rachmadi
  • Demitrio Harset
  • Yendri Maryesi N
  • Rachmad Jayadi

Abstract

Bendungan Serbaguna Wonogiri adalah bangunan air yang berfungsi untuk layanan kebutuhan air dan pengendali banjir di wilayah Sungai Bengawan Solo Hulu. Inflow waduk berasal dari aliran di sepuluh DAS dengan luas genangan maksimum 1.343 km2. Kapasitas tampungan air waduk semakin berkurang yang disebabkan oleh sedimentasi, terutama dari DAS Keduang. Untuk mengatasi masalah sedimentasi telah dibangun spillway baru, closure dike dan overflow dike yang memisahkan tampungan menjadi dua bagian, yaitu main reservoir (MR) dan sediment storage reservoir (SSR). Dengan perubahan kondisi tampungan tersebut, pola operasi waduk perlu disesuaikan dengan dukungan perangkat lunak untuk mendukung kinerja pengendalian banjir. Perangkat lunak yang dibuat terdiri dari empat komponen model, yaitu alihragam hujan-aliran untuk hitungan hidrograf inflow waduk, penelusuran aliran di waduk untuk memperkirakan fluktuasi muka air waduk, alihragam hujan-aliran untuk memperkirakan hidrograf lateral flow dari anak-anak sungai Bengawan Solo di hilir waduk, dan penelusuran aliran banjir di alur sungai untuk mengevaluasi kondisi aliran di daerah rawan banjir hilir waduk. Perangkat lunak disusun menggunakan Microsoft Visual Studio Community 2017, Microsoft Access 365, dan HEC-RAS 4.1.0. Luaran model hidrologi-hidraulika ini meliputi perkiraan hidrograf banjir inflow waduk, fluktuasi muka air di (MR) dan (SSR) serta debit dan muka air maksimum pada ruas Sungai Bengawan Solo di hilir waduk sampai dengan Pos AWLR Jurug di Kota Surakarta. Penerapan perangkat lunak ini diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan operasional Bendungan Serbaguna Wonogiri yang lebih cepat dan akurat untuk mendukung kinerja pengendalian banjir di wilayah Sungai Bengawan Solo Hulu.

Keywords: Tampungan waduk, pedoman operasi waduk, penelusuran banjir, keputusan operasional

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Afif Rachmadi
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Program Sarjana, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM

Jl. Grafika 2 Komplek Fakultas Teknik UGM, Sleman, DI. Yogyakarta 55281

Demitrio Harset
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Program Sarjana, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM

Jl. Grafika 2 Komplek Fakultas Teknik UGM, Sleman, DI. Yogyakarta 55281

Yendri Maryesi N
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Program Sarjana, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM

Jl. Grafika 2 Komplek Fakultas Teknik UGM, Sleman, DI. Yogyakarta 55281

Rachmad Jayadi
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM

Jl. Grafika 2 Komplek Fakultas Teknik UGM, Sleman, DI. Yogyakarta 55281

References

Amalia, A., 2014. Studi Pengaruh Pembangunan Closure Dike Waduk Wonogiri Terhadap Kondisi Banjir di Hilir Waduk. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Arina, B., 2014. Analisis Karakteristik Banjir Sungai Bengawan Solo Ruas Bendung Colo – Kota Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Farikha, A., 2014. Simulasi Pengoperasian Waduk Wonogiri Untuk Pengendalian Banjir Di Wilayah Sungai Bengawan Solo Hulu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
George, M. W., Hotchkiss, R.H., & Huffaker, R., 2016. Reservoir Sustainability and Sediment Management. Journal of Water Resources Planning and Management, 143(3):04016077, pp. 1-8.
Harset, D., 2020. Pengaruh Penggunaan Rumus Empirik Kecepatan Dinamik Terhadap Hidrograf Satuan Sintetik GIUH. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Nanda, Y. M., 2020. Pengaruh Jumlah Orde Sungai Terhadap Ketelitian Hidrograf Satuan Sintetik Metode GIUH dan Gama 1. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Nippon Koei Co. Ltd, 2007. The Study on Countermeasures for Sedimentation in Wonogiri Multipurpose Dam Reservoir in The Republic of Indonesia. Final Report, The Republic of Indonesia: Ministry of Public Works.
Oktavia, S. R., 2013. Pengembangan Model Hirologi untuk Estimasi Hidrograf Banjir Inflow Waduk Wonogiri. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Rachmadi, A., 2020. Pengembangan Perangkat Lunak Pendukung Operasi Bendungan Serbaguna Wonogiri Untuk Pengendalian Banjir Wilayah Sungai Bengawan Solo Hulu. Skripsi. Yogyakarta: Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Renaningsih, S., 2017. Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Simulasi Penelusuran Banjir Wilayah Sungai Bengawan Solo Hulu. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Sulistyowati, A., 2014. Pembuatan Perangkat Lunak Simulasi Hidrograf Inflow Waduk Wonogiri Periode Banjir. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Sulistyowati, A., Jayadi, R., & Rahardjo, A. P., 2018. Unit Hydrograph Modeling using Geomorphologival Instantanious Unit Hydrograph (GIUH) Method. Journal of the Civil Engineering Forum, Vol. 4 No. 3, pp. 223-232.
Wijaya, A.P., 2014. Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Mendukung Pengendalian Banjir DAS Bengawan Solo Hulu. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 60 times
pdf downloaded = 58 times