ANALISIS KAPASITAS DAN KEBUTUHAN PARKIR KENDARAAN DI TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA DEPATI AMIR PANGKALPINANG

  • Danang Sujarwanto
  • Revy Safitri
  • Donny Fransiskus Manalu

Abstract

Bandara Depati Amir Pangkalpinang memiliki areal seluas 11.500 m2 dengan kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun dan dari tahun ke tahun penumpangnya terus meningkat. Meningkatnya jumlah penumpang dari tahun ke tahun, sehingga membuat kebutuhan parkir meningkat diikuti juga peningkatan kebutuhan parkir. Oleh karena itu,  perlu dikaji kapasitas dan kebutuhan ruang parkir kendaraan di terminal penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kapasitas dan kebutuhan ruang parkir kendaraan di terminal penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang.. Data primer didapatkan dari hasil survei lapangan untuk mendapatkan data jumlah kendaraan masuk dan keluar. Data sekunder berupa gambar master plan bandara dan gambar layout parkir. Kebutuhan ruang parkir diperoleh menggunakan metode berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan kendaraan yang didapatkan dengan menghitung akumulasi terbesar pada selang waktu pengamatan Kebutuhan ruang parkir diperoleh menggunakan metode berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan kendaraan yang didapatkan dengan menghitung akumulasi terbesar pada selang waktu pengamatan.  dari hasil analisis dan pembahasan didapatkan Besarnya kapasitas ruang parkir pada area parkir kendaraan roda empat sebanyak 190 ruang parkir kendaraan dan kebutuhan ruang parkir sebanyak 174 ruang parkir. Parkir kendaraan roda dua untuk karyawan besarnya kapasitas ruang parkir sebanyak 250 ruang parkir dan kebutuhan ruang parkir sebanyak 248 ruang parkir. Parkir kendaraan roda dua untuk penumpang besarnya kapasitas ruang parkir sebanyak 15 ruang parkir dan kebutuhan ruang parkir sebanyak 20 ruang parkir. berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ketiga tempat parkir tersebut masih dapat menampung kendaraan dan masih tersisa ruang parkir yang kosong.

Keywords: Bandara, kapasitas parkir, dan kebutuhan parkir.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Danang Sujarwanto
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 33172

Revy Safitri
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 33172

Donny Fransiskus Manalu
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 33172

References

Dirjen Perhubungan Udara, 2005. Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. Jakarta: Departemen Perhubungan.
Dirganabakri, M. I., Hayati, N. N., & Suyoso, H., 2015. Penyediaan Fasilitas Parkir Di Pusat Perbelanjaan Roxy Square Kabupaten Jember. Jurnal Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember. Jember.
Kemenhub. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Kementerian Perhubungan.
Kemenhub, 2003. Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta: Kementerian Perhubungan.
Kemenhub, 2014. Marka Jalan, Jakarta: Kementerian Perhubungan.
Kemenhub. 2014. Rambu Lalu Lintas. Jakarta: Kementerian Perhubungan.
Kemenhub, 2015. Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Jakarta: Kementerian Perhubungan.
Kurniawan, S., & Surandono A., 2017. Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir Kendaraan (Studi Kasus Pada Lahan Parkir Kampus II Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro), Jurnal Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung.
Miro, F., 2012. Pengantar Sistem Transportasi, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Noperiyadi, 2015. Tata Ulang Lahan Parkir Pada Jalan Kalimantan Kota Lubuk Linggau, Jurnal Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya, Palembang.
Rijal, M., Kohdrata, N., & Semarajaya., C., 2016. Redesain dan Optimalisasi Ruang Parkir Fakultas Pertanian Kampus Bukit Jimbaran, Jurnal Jurusan Agroteknologi dan Arsitektur Pertamanan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Denpasar.
Risdiyanto, 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas, Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tamin, O.Z., 2008, Perencanaan Pemodelan Rekayasa Transportasi, Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung.
Tjiptono, F., & Chandra G., Service quality and satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset.
Wadu, A., Sulistio, H., & Wicaksono, A., 2018. Kajian Kapasitas Kebutuhan dan Efektivitas Parkir di Bandar Udara El Tari Kupang. Jurnal Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 75 times
pdf downloaded = 135 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>