DEMONSTRASI PEMBUATAN KITOSAN DARI LIMBAH CANGKANG KEPITING DESA PENAGAN KECAMATAN MENDO BARAT KABUPATEN BANGKA

  • Ririn Amelia
  • Revy Safitri
  • Fajar Indah Puspita Sari

Abstract

Lokasi Desa Penagan yang terletak di pesisir pantai membuat desa ini memiliki hasil laut yang melimpah, salah satunya adalah kepiting. Berbagai olahan kepiting telah dilakukan oleh masyarakat Desa Penagan, namun masih dalam skala rumah tangga. Akibatnya, limbah cangkang kepiting pun melimpah dan sejauh ini hanya dimanfaatkan untuk makanan ternak saja. Jika dilihat dari kuantitas yang dihasilkan, limbah kepiting tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan kembali menjadi ciri khas Desa Penagan. Berdasarkan hal inilah, tim pengabdian yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata-Pengelolaan dan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Penagan tahun 2019 berinisiasi untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mengolah limbah cangkang kepiting tersebut menjadi kitosan. Salah satu manfaat dari kitosan ini adalah cukup efektif dalam prosesĀ penjernihan air. Dalam proses pembuatan kitosan, tim pengabdian bekerjasama dengan narasumber dan mengadakan demonstrasi pembuatan kitosan di SMAN 2 Kecamatan Mendo Barat. Kegiatan demonstrasi ini mendapat respon yang positif dari pemerintah Desa Penagan. Peserta sosialisasi pun antusias mengikuti kegiatan. Berdasarkan hasil kuesioner, pemahaman peserta mengenai pengolahan limbah cangkang kepiting menjadi kitosan mengalami peningkatan sebesar 17,48%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kegiatan demonstrasi ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Keywords: kitosan, cangkang kepiting, Desa Penagan, Bangka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ririn Amelia

Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, 33172

Revy Safitri

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, 33172

Fajar Indah Puspita Sari

Jurusan Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, 33172

References

Aji, A., Meriatna, 2012. Pembuatan Kitosan Dari Limbah Cangkang Kepiting. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 1(1), pp. 79-90.
Amelia, R., Safitri, R., & Sari, F. I. P., 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa Penagan Melalui Program Semasa (Sehat, Mandiri, Sejahtera) Untuk Menuju Desa Wisata Eco-Village. Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung.
Amelia, R., Safitri, R., & Sari, F. I. P., 2019. Pemberdayaan Masyarakat Desa Penagan Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Berbasis Eco-Village. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3, pp. 196-200.
Badan Pusat Statistik. 2018. Kecamatan Mendo Barat dalam Angka 2018. Kabupaten Bangka.
Cahyono, E., 2018. Karakteristik Kitosan Dari Limbah Cangkang Udang Windu (Panaeus monodon). Jurnal Akuatika Indonesia, 3(2), pp. 96-102.
Hargono, H. Abdullah, A., & Sumantri, I., 2008. Pembuatan Kitosan Dari Limbah Cangkang Udang Serta Aplikasinya Dalam Mereduksi Kolesterol Lemak Kambing. Reaktor, 12(1), pp. 53-57.
Kartasasmita, G., 1997. Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Safitri, R., Amelia, R., & Sari, F. I. P., 2019. Pengembangan Objek Wisata Pantai Tanjung Raya Desa Penagan Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), pp. 63-70.
Sanusi, M., 2004. Transformasi Kitin dari Hasil Isolasi Limbah Industri Udang Beku Menjadi Kitosan. Marina Chimica Acta, 5(2), pp. 28-32.
Sikana, A. M., Ningsih, N. F., Saputri, M. R., Wandani, S. A. T., & Ambarwati, R., 2016. Pemanfaatan Limbah Cangkang Kupang Sebagai Sumber Kitin dan Kitosan. Sains dan Matematika, 4(2), pp. 50-54.
Trisnawati, E., Andesti, D., & Saleh, A., 2013. Pembuatan Kitosan dari Limbah Cangkang Kepiting Sebagai Bahan Pengawet Buah Duku Dengan Variasi Lama Pengawetan. Jurnal Teknik Kimia, 19(2), pp. 17-26.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 61 times
pdf downloaded = 89 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>