PENGARUH PENGGUNAAN TAWAS TERHADAP KECEPATAN PENGENDAPAN DAN KUALITAS BRIGHTNESS PADA KAOLIN

  • Suryani Suryani
  • Guskarnali Guskarnali

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium PT Aneka Kaoline Utama. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kecepatan pengendapan kaolin dengan menambahkan tawas untuk meningkatkan kecepatan pengendapan dan pengaruh kualitas brightness pada bubuk kaolin. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh, pada pengujian pertama dengan konsentrat kaolin yang tidak ditambahkan tawas diperoleh nilai kecepatan 4,7x10-4 m/s, pengujian kedua dengan konsentrat ditambahkan tiga gram tawas diperoleh kecepatan 5,3x10-4 m/s, dan pengujian ketiga dengan konsentrat ditambahkan lima gram tawas diperoleh kecepatan 5,6 x10-4 m/s. Dari ketiga pengujian diperoleh kecepatan pengendapan yang paling cepat terdapat pada pengujian ketiga dengan kualitas brightness kaolin menggunakan tawas semakin menurun.

Keywords: Kaolin, pengendapan, brightness, tawas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suryani Suryani
Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang

Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33172

Guskarnali Guskarnali
Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang

Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33172

References

Arsubi, A., 2018. Kajian Teknis Kolam Pengendapan Tailing Sebagai Upaya Peningkatan Pengelolaan pada PT Aneka Kaoline Utama di Tanjung Pandan Belitung. Teknik Pertambangan, Universitas Bangka Belitung. Bangka.
Ebeling, J. M., & Ogden, S. R., 2004. Application of Chemical Coagulation Aids for the Removal of Suspended Solids (TSS) and Phosphorus from the Microscreen Effluent Discharge of an Intensive Recirculating Aquaculture System. Akuaqultur, Amerika Utara.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, 2014. Pedoman Teknis Perhitungan Kolam Pengendap Pada Tambang Batubara. Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Jakarta.
Kristijarti, A Prima, Ign Suharto, Marieanna, 2013. Penentuan Jenis Koagulan dan Dosis Optimum untuk Meningkatkan Efisiensi Sedimentasi dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah Pabrik Jamu X. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.
Putra, J. E., 2018. Kajian Teknis Pompa Tanah Terhadap Debit Slurry Penambangan Kaolin Di Pt Aneka Kaoline Utama Tanjung Pandan Belitung. Teknik Pertambangan. Universitas Bangka Belitung. Bangka.
Miftahul, O., 2017. Settling Test. Teknik Perminyakan, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Sukandarrumidi, 1998. Bahan Galian Industri. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Suprapto, J. S., 2007. Tinjauan Tailing Sebagai Sumber Daya. Kelompok Program Penelitian Konservasi, Pusat Sumber Daya Geologi.
Supriyatna, D., 2017. Kajian Teknis Kolam Pengendapan Tailing Dari Hasil Pencucian Bijih Timah Pada TB 1.42 Pemali. Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung, Balunijuk.
Suryadiputra, I. N. N., 1995. Pengolahan Air Limbah dengan Metode Kimia (Koagulasi dan Flokulasi). Bogor: IPB.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 99 times
pdf downloaded = 264 times

Most read articles by the same author(s)