PENGARUH DAMPAK ADANYA KULIAH ONLINE BAGI AKTIVITAS ORGANISASI MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

  • Yohannes Razaf Eriko Simbolon
  • Hendy Stevanus
  • Izma Fahria

Abstract

Di masa pandemi virus Covid-19 ini menyebabkan beberapa aktivitas yang sering dilakukan menjadi sangat terbatasi. Contohnya saja pada bidang pendidikan yaitu proses kegiatan belajar mengajar di kampus tidak dapat dilakukan secara langsung/tatap muka karena telah berubah menjadi sistem kuliah online, dimana mahasiswa/i belajar menggunakan teknologi tanpa harus tatap muka. Dengan diterapkannya kuliah online ini sangat berdampak pada Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), ORMAWA tidak dapat melakukan kegiatan di kampus selama pandemi virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat adanya kuliah online terhadap aktivitas Organisasi Mahasiswa di Fakultas Teknik  Universitas Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier terhadap variabel dummy dengan banyaknya sampel penelitian sebanyak 7 ORMAWA di Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kuliah online mempengaruhi aktivitas organisasi mahasiswa sebesar 57,3%. Pengaruh penerapan kuliah online membuat program-program kerja yang telah disusun oleh ORMAWA tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya dan kuliah online juga membatasi kegiatan ORMAWA karena tidak diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan di kampus serta komunikasi antaranggota menjadi berkurang.

Keywords: Organisasi Mahasiswa, kuliah online, regresi linier

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yohannes Razaf Eriko Simbolon
Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk,

Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka 33172

Hendy Stevanus
Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk,

Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka 33172

Izma Fahria
Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa Balunijuk,

Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka 33172

References

Mohammad, H. M., & Nani, S., 2020. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1 (2), pp. 153-165.
Hijriani., A., Muludi., K., Andini, & Erlina, A., 2017. Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air bersih PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung dengan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Informatika Mulawarman. 11(2), pp. 37-42.
Deny, K., 2008. Regresi Linier. R-Foundation for Statistical Computing. Vienna, Austria 17
Wahyudin, D., 2020. Jejak Kuliah Online: Metode Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Alfi, N. R., Nugroho, S., & Faisal, F., 2014. Analisis Regresi Linier Terhadap Variabel Bebas Dummy. Universitas Bengkulu.
Zulkifli, M., 2009. Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa 6(1), pp. 87-97.
Wahyu, W., 2010. Prosedur Analisis Regresi dengan Variabel Dummy. Yogyakarta: UGM
Bilqis, F., & Robby, D. N., 2020. Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Noken:Ilmu-Ilmu Sosial 5(2), pp. 23-36
Dian, R. A. U. K., Hascaryo, P., & Barokah, W., 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia 10 (1), pp. 41-48.
Rizqon, H. S. A., 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. (7) 5, pp. 395-402.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 572 times
pdf downloaded = 385 times