PROFIL DIGITAL PRODUK UMKM DESA BUKIT LAYANG UNTUK PENINGKATAN OMSET DAN PANGSAPASAR

  • Adi Indra Saputra
  • William Fauzhi Gunzhales
  • Ramadhon Ramadhon
  • Fauzan Azmi Kamalurrizqi
  • Azzahra Maharani Putri
  • Zakia Aufa Fitria
  • Andriano Andriano
  • Steven Foe Fan Tizy
  • Ghiri Basuki Putra Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Abstract

UMKM Desa Bukit Layang Bangka mempunyai produk yg sudah terkenal dan beragam seperti abon lele, keripik tempe, permen pepaya dll yg mempunyai potensi untuk menjadi produk UMKM unggulan. Hanya produk UMKM tersebut harus diperkenalkan secara luas dengan menggunakan website sehingga bisa diakses via internet. Dengan website khusus ini, diharapkan memudahkan dalam pengenalan produk UMKM Bukit Layang Bangka serta untuk memasarkan produk tersebut secara online. Pengabdian ini mempunyai tujuan utama yaitu pembangunan website untuk pengenalan produk UMKM Bukit Layang Bangka serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya website ini kepada pelaku UMKM Desa Bukit Layang Bangka. Industri perekonomian di Indonesia sangat beragam dari yang berukuran kecil, sedang maupun besar.Salah satunya dalam industri tersebut ialah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Melihat potensi UMKM yang ada di Desa Bukit Layang Bangka yang sangat besar dengan produk yang beragam maka menjadi fokus kegiatan bina desa ini. Adanya kesulitan UMKM di masa pandemic covid 19 ini dalam promosi serta pemasaran maka program ini untuk membantu dalam melakukan pemasaran dan promosi serta mempeluas jangkauan pemasaran produk UMKM yang ada. Untuk website promosi produk UMKM juga akan di publis dengan ide yang menarik sehingga membuat orang merasa tertarik dengan produk UMKM Bukit Layang.

Keywords: UMKM, Website, Pemasaran, Bukit Layang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ata Profil UMKM Kelompok Usaha Bersama
Panca Jaya di Desa Bukit Layang, Kecamatan
Bakam , Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan
Bangka Belitung
Makalah Fakultas Hukum dan Ham (2019) . Desa
Bukit Layang Kecamatan Bakam
Kabupaten
Aprilia Dian Evasari, Yudo Bismo Utomo, Diana
Ambarwati. 2019. Pelatihan Dan Pemanfaatan E-
Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk
UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih
Kabupaten Kediri.Jurnal Pengabdian Masyarakat
1 (2), 75-84
Sharen Kangean, Farid Rusdi. 2020. Analisis Strategi
Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-
Commerce di Indonesia. Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Tarumanagara Prologia
EISSN 2598 – 0777. Vol. 4, No. 2, Oktober 2020,
Hal 280 – 287
Yuli Rahmini Suci. 2017. Perkembangan UMKM
(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia.
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 6. No. 1,
Januari 2017
Ogi Sigit Pornawan (2020). Manfaat Sertifikat Halal
MUI Bagi Bisnis
Published
2022-12-22
Abstract viewed = 312 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 202 times