PERHITUNGAN VOLUME TIMBUNAN BATUBARA MENGGUNAKAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) DI PT. MITRA BARITO LUMBUNG ENERGI SITE PT. KALIMANTAN PRIMA NUSANTARA (KPN)

  • Yunitae Kristianie
  • Hepryandi Luwyk Djanas Usup
  • Ferdinandus Ferdinandus

Abstract

PT. Mitra Barito Lumbung Energi adalah salah satu perusahaan dengan IUJP atau yang lebih dikenal sebagai kontraktor yang bergerak dibidang pertambangan batubara dengan metode penambangan yang digunakan adalah metode tambang terbuka. Sejak bulan Januari tahun 2023, PT. Mitra Barito Lumbung Energi memulai penambangan di project area PT. Kalimantan Prima Nusantara. Penelitian di PT. Mitra Barito Lumbung Energi ini dilakukan untuk menganalisis metode perhitungan volume timbunan batubara menggunakan unmanned aerial vehicle atau drone. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kuantitatif yang akan menampilkan data dalam bentuk tabel dan grafik. Analisis data akan dilakukan dengan perhitungan uji ketelitian geometri dan perhitungan volume menggunakan metode cross section. Uji ketelitian geometri menunjukkan bahwa data dengan ketinggian 60 m dan orthofoto kualitas high memiliki hasil ketelitian horizontal dan ketelitian vertikal dengan nilai error terendah sehingga pembentukan kontur akan memiliki interval sebesar 0,4 m karena uji ketelitian data drone berada di skala 1 : 1.000. Kontur dengan interval tersebut kemudian akan dibuat sayatan sebanyak delapan buah dengan jarak antar penampang adalah 10 m. Total volume yang dihasilkan dari delapan buah penampang tersebut sebesar 11.409,3 m3 . Volume hasil drone dibandingkan dengan data timbangan dari periode bulai Februari hingga Mei tahun 2023 dengan jumlah sebesar 10.912,497 m3 . Selisih antar dua data tersebut adalah 496,803 m3 dan persentase 4,35%. Hal tersebut menyatakan bahwa data drone layak digunakan karena nilai deviasi <5%.

Keywords: unmanned aerial vehicle, uji ketelitian, volume batubara

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yunitae Kristianie

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

Hepryandi Luwyk Djanas Usup

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

Ferdinandus Ferdinandus

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

References

Auningsih, Sri Wulan Nur, Dewi Rohmaeni, Yosa Megasukma, Wahyudi Zahar. (2021). Pemodelan Stockpile Menggunakan Metode Fotogrametri Dengan Wahana UAV (Unmanned Aerial Vehicle) di PT. Triaryani. Jurnal Geomine, Volume 9, Nomor 2, 141-149.
BIG. (2018). Peraturan Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Ketelitian Peta Dasar.
Halimi, Khairul. (2018). Pemodelan dan Perhitungan Volume Stockpile dengan Wahana UAV (Unanned Aerial Vehicle) pada Wilayah Penambangan PT. Lhoong Setia Mining. Electronic Thesis and Dissertation Unsyiah, Banda Aceh: Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala.
Pribadi, Khairy Kharisma. (2016). Pengukuran Dan Pemetaan Ground Control Point (GCP) dalam Misi Pemotretan Udara di Area Pembangkit Listrik Tenaga Air Ketenger Kabupaten Banyumas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Purwati, Dwi Nur. (2020). Pengukuran Topografi Untuk Menghitung Volume Cut and Fill Pada Perencanaan Pembangunan Perumahan di KM. 10 Kota Balikpapan. Jurnal Tugas Akhir Teknik Sipil, Volume 4, Nomor 1, Oktober 2020.
Ramadhan, Muh Gumilang, Sumarno, Nurul Yuhanafia. (2020). Perbandingan Perhitungan Volume Stockpile Hasil Pengukuran Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan Pengukuran Electronic Total Station (ETS) (Studi Kasus: PT. Indocemenet Tunggal Prakarsa TBK. Palimanan, Cirebon). Bandung: Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas).
Soendjojo, H. dan Riqqi, A. (2012). Kartografi. Penerbit ITB Bandung.
Stiawan, Aris. (2017). Modul Pemetaan Topografi. Bandung: PT. Suropati Hidro Energi.
Suyudi, Bambang, Tullus Subroto. (2014). Fotogrametri dan Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional.
Syazwani, Nurul Aina. (2022). Analisis Perbandingan Metode Fotogrametri Terhadap Metode Teristris di PT. Telen Orbit Prima Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Skripsi. Palangka Raya: Universitas Palangka Raya.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 219 times
pdf downloaded = 110 times