PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PRODUKTIF MELALUI PENERAPAN PROGRAM SWASEMBADA MINYAK KELAPA SKALA RUMAH TANGGA SEBAGAI SOLUSI MENGHADAPI KELANGKAAN MINYAK GORENG

  • Herman Aldila
  • Widodo Budi Kurniawan
  • Yekti Widyaningrum
  • Helfa Rahmadyani

Abstract

Kelurahan Surya Timur merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Sungailiat yang mayoritas kawasannya merupakan daerah pasca penambangan timah dan daerah hutan produksi. Semenjak pelarangan penambangan darat pada wilayah tersebut menyebabkan beberapa warga (kepala rumah tangga) beralih mata pencaharian dari sektor pertambangan ke sektor perdagangan dan industri berbasis rumah tangga berbasis produk unggulan lokal. Produk unggulan lokal yang sedang dirintis adalah pembuatan kripik aneka rasa berbahan baku singkong, pisang maupun ubi yang merupakan hasil perkebunan dari para petani wilayah tersebut. Kondisi pandemi yang cukup memukul omset para pelaku industri membuat komoditas industri ini mengalami pasang surut. Kondisi ini juga diperparah dengan kelangkaan minyak goreng yang merupakan bahan utama dalam proses penggorengan yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia membuat masa depan rintisan industri ini semakin suram. Hal ini tentu akan mengancam keberlanjutan industri ini yang merupakan solusi atas era transisi perekonomian warga dari sektor pertambangan ke sektor perdagangan dan industri di wilayah ini. Disisi lain produksi komoditas kelapa di wilayah ini cukup melimpah dan belum termanfaatkan maksimal selain dijual dalam bentuk buah kelapa mentah yang harganya sangat murah. Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program swasembada minyak kelapa dapat mendorong masyarakat secara mandiri dapat membuat minyak kelapa guna memenuhi kebutuhan akan minyak goreng ditengah kelangkaan dan ancaman
kenaikan harga minyak goreng kedepan sehingga keberlangsungan industri komoditas kripik aneka rasa dapat dipertahankan. Melalui pelatihan, pendampingan dan monitoring yang dilakukan diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat membantu mengatasi permasalahan kelangkaan minyak goreng yang mengancam industri produk unggulan lokal serta menjadi peluang usaha baru yang dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Kelurahan Surya Timur. 

Keywords: Minyak, swasembada, kelapa, pemberdayaan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Herman Aldila

Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung

Widodo Budi Kurniawan

Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung

Yekti Widyaningrum

Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung

Helfa Rahmadyani

Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung

References

Cristiani, L dan Hendra Prakosa, A, 2009, Pembuatan Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Menggunakan Ragi Tempe, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Setiaji, B dan Surip Prayugo, 2006, Membuat VCO Berkualitas Tinggi, Penebar Swadana, Jakarta.
Suhardiyono, L, 1993, Tanaman Kelapa Budidaya dan Pemanfaatannya, Kanisius, Yogyakarta.
Sore, A. D., Sirhi, S., & Astikawati, Y. 2019 . Pelatihan pembuatan minyak kelapa murni menggunakan fermentasi ragi tempe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. Vo.2 (1). 27-31.
Alamsyah, Andi Nur., (2005), Virgin Coconut Oil Minyak Penakluk Aneka Penyakit, Penerbit Agro Media Pustaka, Jakarta
Haryani, Sri., (2006), Pengaruh Waktu Pengadukan Terhadap Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO)., Skripsi, FMIPA, UNNES, Semarang.
Hutagalung, Dina. (2009), Optimalisasi Proses Pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) Dengan Sistem Enzimatis., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Chasani, M., dan Sutji, Sri., (2003), Optimasi Waktu Inkubasi Pada Proses Pembuatan Minyak Kelapa Secara Enzimatik Menggunakan Getah Pepaya (Carica papaya L.), Journal of Chemistry, 3 (1): 19-23.
Suhadijono., dan Syamsiah., (1988), Pembuatan Minyak Kelapa Dengan Cara Fermentasi, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Suhardikono, L., (1988), Tanaman Kelapa, Budidaya Dan Pemanfaatannya, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Sutarmi., dan Rozaline, H., (2005), Taklukan Penyakit Dengan VCO, Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta.
Winarti, Sri., (2007), Proses Pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) Secara Enzimatis Menggunakan Papain Kasar, Jurnal Teknologi Pangan, 8 : 136-141.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 198 times
pdf downloaded = 35 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>