Village Cooperatives "A Surefire Way To Build The Village Economy"

Koperasi Desa “Cara Jitu Membangun Perekonomian Desa’’

  • Wenni Anggita Fakultas Ekonomi, Universitas Bangka Belitung

Abstract

Pedesaan dengan sektor pertanian sebagai komoditas utama memerlukan koperasi unit desa untuk dapat memberikan bimbingan teknis kepada petani yang masih menggunakan teknologi tradisional yaitu dengan mengadakan penyuluhan dan kursus bagi petani. Bimbingan dan penyuluhan bagi para petani sangat dibutuhkan karena untuk meningkatkan produksi hasil pertanian. Dengan adanya hal tersebut diharapkan tujuan akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi petani yang ada wilayah pedesaan. Selain itu juga koperasi desa atau koperasi unit desa diharapkan dapat menjadi lembaga penjamin kesejahteraan petani.
Melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan Universitas Bangka Belitung dalam hal secara spesifik melalui kegiatan KKN bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Mikro dan Menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Komunitas Bangun Desa Indonesia melakukan upaya- upaya pembentukan koperasi bagi desa. Penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat untuk menjelaskan prinsip- prinsip Koperasi serta pentingnya Koperasi Desa.
Mahasiswa sebagai kaum mda yang intelektual dan sebagai agent of change seharusnya mempunyai peranan penting dalam masyarakat. Peranan tersebut harus diwujudkan
dengan sebuah pengaplikasian yang nyata. Kuliah Kerja Nyata XI Universitas Bangka Belitung dibidang tematik yang diselenggarakan di Desa Paya Benua yang merupakan daerah mata pencarian masyarakatnya petani ini bertujuan untuk membangun perekonomian desa melalui “Koperasi’. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi ke masyarakat dan ke sekolah sekitar dan langsung memberikan pendekatan langsung ke masyarakat yang dilaksanakan mulai 20 Juli sampai dengan 24 Agustus 2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
Anggita, W. (2018). Village Cooperatives "A Surefire Way To Build The Village Economy". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 4(1). https://doi.org/10.33019/jpu.v4i1.158
Abstract viewed = 690 times
pdf downloaded = 667 times