PENGARUH JARAK ANTAR PLAT DALAM PENJERNIHAN LIMBAH BATIK CUAL DENGAN METODE ELEKTROKOAGULASI

  • Sandi Sandi
  • Deden Nurdandi
  • Yuant Tiandho

Abstract

Batik kain cual sebagai kain khas Bangka Belitung memiliki tingkat peminat yang cukup tinggi saat ini. Tetapi dibalik tingginya produksi batik cual timbul permasalahan, salah satunya yaitu meningkatnya pula air limbah batik cual yang dihasilkan. Air limbah batik cual mengandung pewarna remasol yang bersifat karsinogenik sehingga dapat menyebabkan kanker pada kulit. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pengolahan agar air limbah yang dihasilkan ramah lingkungan. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah elektrokoagulasi. Eletrokoagulasi berpotensi memperbaiki kualitas air limbah batik cual melalui koagulasi polutan pada plat elektroda. Setelah dilakukan pemisahan antara polutan yang menempel pada plat elektroda dengan air limbah diperoleh air limbah batik cual yang bersifat ramah lingkungan. Karakteristikair yang diamati dalam penelitian ini adalah tingkat kekeruhan, jumlah partikel terlarut, dan derajat keasamannya Diharapkan dengan menggunakan metode inidapat dikembangkan industri bersih dalam produksi batik cual

Keywords: batik cual, elektrokoagulasi, limbah, Bangka Belitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang, H. & Harsanti, M., 2010. Pengolah Limbah Cair Tekstil Menggunakan Proses Elektrokoagulasi dengan Sel Al-Al. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejuangan" Universitas Jendral Ahmad Yani.

Holt, P. K., Barton, G. & Mitchell, C., 2005. The future for electrocoagulation as a localised water treatment technology. Chemosphere, 59(3), pp. 355-367.

Magdalena, H. & Santoso, H., 2016. Strategi mengenal motif khas kain tenun cual bangka dengan AHP. Informatics Journal, 1(3), pp. 96-112.

Sumarni, 2012. Adsorpsi Zat Warna dan Zat Padat Tersuspensi dalam Limbah Cair Batik. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Volume 3, pp. A263 - A269.

Susetyaningsih, R. E. K. P., 2008. Kajian Proses Elektrokoagulasi Untuk Pengolahan Limbah Cair. Seminar Nasional IV SDM Teknologi Nuklir, Agustus 2008: Hal 339-344. ISSN 1978-0176.

Verawati, V. & Susanto, D., 2018. Analisis penerimaan pajak hiburan, pajak hotel, pajak restoran, dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. JEM: Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 4(1), pp. 22-31.

Wahyuni, M., 2015. Dosis optimum biji kelor (Moringa seed) dalam menurunkan kekeruhan (turbidity) air Sungai Betapus di Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Manuntung, 1(2), pp. 164-167.

Published
2019-09-18
Abstract viewed = 61 times
pdf downloaded = 54 times