PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH TIPE GRAVITASI DAN TIPE KANTILEVER PADA GRAVING DOCK DI PT DOK DAN PERKAPALAN AIR KANTUNG UNIT GALANGAN SELINDUNG KOTA PANGKALPINANG
Abstract
Graving dock merupakan fasilitas pengedokan kapal yang mempunyai bentuk seperti kolam yang terletak di tepi pantai atau sungai.Pada pnelitian ini dilakukan analisis graving dock di di PT Dock dan Perkapalan Air Kantung Unit Galangan Selindung Kota Pangkalpinang. Studi ini bertujuan untuk merencanakan dimensi dinding penahan tanah yang stabil terhadap stabilitas penggeseran, penggulingan, daya dukung tanah serta penurunannya dengan menggunakan tipe gravitasi dan tipe kantilever pada graving dock. Perhitungan menggunakan Teori Rankine dan coulomb serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Hansen dan Vesic berdasarkan data karakteristik keteknikan (c dan Ø). Hasil perhitungan untuk dinding gravitasi dari pasangan batu direncanakan tinggi dinding (H) = 6 m, Lebar alas dinding (B1) = 4,2 m, Lebar atas dinding (B2) = 0,5 m, Tebal alas pondasi (D) = 1 m, dan Lebar alas depan dinding (B3) = 0,5 m, didapatkan faktor keamanan terhadap geser (Fgs) = 4,64 ,faktor keamanan terhadap guling (Fgl) = 4,1 faktor keamanan terhadap keruntuhan daya dukung tanah (F) = 4,82 dan stablitas terhadap penurunan (∑S) = 5,15 mm .Sedangkan dinding kantilever dengan material dinding dari pasangan beton direncanakan tinggi dinding (H) = 6 m, Lebar alas dinding (B1) = 4,2 m, Lebar atas dinding (B2) = 0,4 m, Tebal alas pondasi (D) = 0,6 m, dan Lebar alas depan dinding (B3) = 1,4 m, didapatkan stabilitas faktor keamanan terhadap geser (Fgs) 2,75, faktor keamanan terhadap guling (Fgl) = 2,53, faktor keamanan terhadap keruntuhan daya dukung tanah (F) = 4,15dan stablitas terhadap penurunan (∑S) = 0,56 mm
Downloads
References
Bastomi, AY., 2015, Tugas Besar Rekayasa Fondasi II, UBB, Bangka.
Budi, GS,. 2011, Pondasi Dangkal, Jilid I, UGM, Yogyakarta
Cahya, WT,.2013, Perhitungan Struktur Dinding Penahan Tanah pada Pembangunan Longsoran pada Ruas Jalan Soekarno-Hatta Km 8 Balikpapan, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Univesitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Samarinda.
Das, BM,. 1998, Mekanika Tanah, Jilid II, Terjemahan, Erlangga, Jakarta
Fahriani, F., 2015, Analisis Daya Dukung Tanah dan Penurunan Pondasi pada Daerah pesisir Pantai Utara Kabupaten Bangka.
Fiansyah, H,. 2016, Perencanaan Dinding Penahan Tanah pada Lapangan Olahraga UPTD Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Samarinda.
Hakam, Abdul., 2011, Studi Stabilitas Dinding Penahan Tanah Kantilever pada Ruas Jalan Silaing Padang – Bukittinggi Km 64 + 500, Jakarta.
Hardiatmo, H., 2010, Analisis dan Perancangan Fondasi II, Jilid II, Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.
Hardiatmo, H., 2011, Analisis dan Perancangan Fondasi I, Jilid II, Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.
Hardiatmo, H., 2012, Mekanika Tanah, Jilid V, Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.
Hardiatmo, H., 2012, Mekanika Tanah, Jilid VI, Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.
Nugraha, A,. 2013, Perencanaan Dinding Penahan Tanah Dengan Menggunakan Program GEO5, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Nur, OF,. 2010, Analisa Stabilitas Dinding Penahan Tanah (Retaining Walls) Akibat Beban Dinamis dengan Simulasi Numerik.
Sunggono, 1995, Buku Teknik Sipil, Jilid I, Nova, Bandung.
Suryadi, dkk,. 2015 Analisis stabilitas pada tanah timbunan dengan perkuatan geotekstil dikombinasikan dengan dinding penahan tanah di ruas jalan tol cisumdawu.
Syafruddin, 2004, Desain Dinding Penahan Tanah (Retaining Walls) di Tanah Rawa pada Proyek Jalan.
Tjokorda, dkk., 2010, Analisis Stabilitas Lereng pada Badan Jalan dan Perencanaan Perkuatan Dinding Penahan Tanah,Yogyakarta