Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
    Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
    File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
    Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
    Pengetikan naskah dan sitasi mengikuti gaya selingkung yang disyaratkan dalam Panduan Penulis

Panduan Penulis

TATA CARA PENULISAN

Artikel yang disubmit ke Journal of Aquatropica Asia (JoAA) berkenaan dengan kajian budidaya perairan dan ekologi perairan dalam artian luas yang meliputi aspek reproduksi, nutrisi dan pakan, genetika, fisiologi, morfologi, kesehatan organisme perairan, kualitas air, plankton, konservasi, dan aspek lainnya yang relevan dengan bidang akuakultur, termasuk sosial ekonomi, pengolahan hasil perikanan, dan pengelolaan sumber daya perairan.

Ruang lingkup artikel dapat berupa review artikel (article review), komunikasi singkat (short communication), dan artikel utuh (full article). Peneribatan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Juli dan Desember.

Artikel yang dibuat dalam bentuk article review memiliki bagian inti, yaitu Latar Belakang (termasuk tujuan), Bab-Bab yang dibahas, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka. Ucapan terima kasih dapat ditulis setelah Bab Kesimpulan, apabila diperlukan. Sumber litetatur yang digunakan berasal dari artikel-artikel di dalam suatu jurnal dengan syarat minimal 40 artikel yang disitasi dan tahun terbit paling lama 10 tahun terakhir.

Artikel yang merupakan hasil penelitian berupa short communication ataupun full article terdiri atas Latar Belakang (termasuk tujuan), Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka. Ucapan terima kasih dapat ditulis setelah Bab Kesimpulan, apabila diperlukan.

Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia menggunakan Ejaan yang Disempurnakan atau dalam bahasa Inggris ejaan menurut Oxford Dictionary.

Naskah diketik rapi dua kolom, kecuali halaman judul dan abstrak dibuat 1 satu kolom dengan ukuran kertas A4 (margin tepi kiri 3 cm dan 2 cm untuk tepi kanan, atas, dan bawah) (sebagaimana template yang telah disediakan). Huruf yang digunakan adalah Cambria dengan ukuran huruf menyesuaikan bagian tulisan, yaitu Judul (14 pt untuk Bahasa Indonesia dan 13 pt untuk terjemahan Bahasa Inggrisnya), Abstrak/ Abstract (11 pt) dan isinya (10 pt), Kata kunci/ keyword (10 pt) dengan jumlah maksimal 5 kata. Bab ditulis Kapital (10 pt), isi bab (10 pt), judul tabel (9 pt), isi tabel (8 pt dengan jarak 1.15 spasi), keterangan tabel (8 pt dan diakhiri dengan tanda baca titik), judul gambar (9 pt dan diakhiri dengan tanda baca titik), serta daftar referensi (10 pt). Penulisan satuan persentase (%) tidak terpisah dari angka sebelumnya, sedangkan satuan lainnya terpisah.

Kemiripan (similaritas) artikel hanya diperkenankan maksimal 15% melalui program antiplagiarisme. Artikel yang telah siap dapat dikirimkan melalui akun yang dibuat atau diregistrasi di:

http://journal.ubb.ac.id/index.php/aquatropica/login     

atau dikirimkan ke e-mail: joaa@ubb.ac.id dan cc ke: journal.aquatropicaofasia@gmail.com  

PENDAHULUAN

Artikel diawali dengan PENDAHULUAN yang menjelaskan Latar Belakang yang mengandung rationale mengapa perlu dilakukan penelitian, kajian literatur pendukung dengan dukungan referensi min 80% referensi primer dengan tahun terbit paling lama 10 tahun terakhir. Tidak diperkenankan menggunakan sumber internet yang tidak baku seperti Wikipedia dst. Editor (2020) mensyaratkan untuk menuliskan tujuan artikel pada akhir bab latar belakang. PENDAHULUAN juga menjelaskan tujuan dari penelitian yang dilakukan. Hal ini berguna untuk sinkronisasi metode dan hasil penelitian. Penulisan rujukan di dalam inti artikel/ tubuh teks, termasuk pembahasan merujuk sebagai berikut. yaitu Anonim (2019); (Anonim, 2019); Anonim & Anonim, (2019); (Anonim & Anonim, 2019); Anonim et al., (2019); (Anonim et al., 2019); serta (Anonim et al., 2019; Anonim et al., 2017).

MATERI DAN METODE

Bagian MATERI DAN METODE menjelaskan peralatan/bahan penelitian yang spesifik, lokasi penelitian, serta metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Metode yang digunakan dapat dilengkapi dengan sumber referensi atau rujukan.   

GAMBAR DAN TABEL

Gambar dan Tabel dibuat menurut aturan baku penulisan saintifik. Gambar dan Tabel dibuat menurut aturan baku penulisan saintifik. Gambar dalam bentuk peta, foto, maupun grafik harus dibuat dengan resolusi yang cukup tinggi agar terlihat jelas (tidak blur) dan berukuran maksimal 9 cm. Editor berhak untuk meminta data asli untuk diedit ulang apabila Penulis mengirimkan Grafik yang kurang jelas. Penulisan Judul diletakkan di bawah gambar/grafik dengan format rata kanan-kiri dengan kalimat setelah baris pertama menjorok .

Pemberian garis di Tabel (tabel terbuka) hanya diperbolehkan garis horizontal pada header dan penutup. Tambahkan keterangan statistik jika memang menggunakan perhitungan statistik misalkan p value, standard error dsb.

Gambar maupun Tabel dapat diletakkan pada 2 kolom maupun pada 1 kolom.  Demikian juga jika penulis menggunakan persamaan matematika.

HASIL

Hasil penelitian dibuat terpisah dengan bab pembahasan. Hasil dibuat dengan menjelaskan fenomena, tren, dan pola data yang diperoleh, tanpa mengulangi hasil yang ditampilkan pada Tabel atau Gambar.

PEMBAHASAN

Pembahasan tidak dibuat dengan mengulang kalimat pada Bab Hasil. Pembahasan dibuat melalui analisis terhadap fenomena hasil penelitian dan keterkaitan yang diperoleh dan dibandingkan dengan data-data dari peneliti sebelumnya atau referensi yang disitasi. Penulisan rujukan di dalam inti artikel/ tubuh teks, termasuk pembahasan merujuk sebagai berikut. yaitu Anonim (2019); (Anonim, 2019); Anonim & Anonim, (2019); (Anonim & Anonim, 2019); Anonim et al., (2019); (Anonim et al., 2019); serta (Anonim et al., 2019; Anonim et al., 2017).

KESIMPULAN

Kesimpulan dibuat dalam bentuk paragraf yang menjelaskan simpulan dari penelitian berdasarkan tujuan yang ditargetkan.

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih dibuat apabila dirasa perlu untuk memberikan penghargaan kepada orang atau pihak yang berperan penting dalam penelitian/kajian yang dilakukan dan termasuk pendanaan yang disertai dengan nomor kontrak.

DAFTAR PUSTAKA

Hanya referensi yang dikutip perlu dimasukkan ke dalam Daftar Pustaka, ditulis memakai sistem nama-tahun, dan disusun secara abjad. Beberapa contoh penulisan sumber acuan sebagai berikut:

Abdel-Raouf N, Al-Homaidan AA, Ibraheem IBM. 2012. Microalgae and wastewater treatment. Saudi Journal of Biological Sciences 19(3): 257-275. DOI:10.1016/j. sjbs.2012.04.005

Ahmad F. 2013. Distribusi dan prediksi tingkat pencemaran logam berat (Pb, Cd, Cu, Zn, dan Ni) dalam sedimen di perairan Pulau Bangka menggunakan indeks beban pencemaran dan indeks geoakumulasi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis 5(1): 170-181

Akan JC, Audu SI, Mohammed Z, Ogugbuaja VO. 2013. Assessment of heavy metals, pH, organic matter and organic carbon in roadside soils in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. Journal of Environmental Protection 4(6): 618-628. DOI:10.4236/jep.2013.46 071

Cara Sitasi dari Buku

Bhowal SS, Chakraborty R. 2015. Microbial diversity of acidophilic heterotrophic bacteria: an overview. Biodiversity, Conservation and Sustainable Development. Ed.: Prithwiraj Jha. New Academic Publishers, New Delhi, 2015. ISBN: 9788186772751

Cara Sitasi dari Chapter dalam Buku

Ambus P, Zechmeister-Boltenstern S. 2007. Denitrification and N-Cycling in Forest Ecosystems. In Biology of the Nitrogen Cycle: 343-358. DOI:10.1016/b978-04445 2857-5.50023-0

Cara Sitasi dari Hasil Kongres

Al-Mutaz IS, Al-Ghunaimi MA. 2001. pH control in water treatment plant by the addition of carbon dioxide. Presented at the Ida World Congress on Desalination and Water Reuse, Bahrain, October 26-31, 2001

Cara Sitasi dari Prosiding

Bosman C. 2009. The hidden dragon: nitrate pollution from open-pit mines - a case study from the Limpopo Province, South Africa. Abstracts of the International Mine Water Conference 19th-23rd October 2009. Proceedings ISBN Number: 978-0-9802623-5-3 Pretoria, South Africa

Cara Sitasi dari Skripsi, Tesis, Disertasi

Kurniawan A. 2019. Diversitas Metagenom Bakteri di Danau Pascatambang Timah Dengan Umur Berbeda. [Disertasi]. Fakultas Biologi. Universitas Jenderal Soedirman

Cara Sitasi dari SNI

[SNI] Standar Nasional Indonesia. 1995. No.01-3951-1995: Standar Mutu Produk Susu dan olahannya Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) Buku I. Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan. Dirjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta

[SNI] Standar Nasional Indonesia .2000. No.01-6366-2000: Batas Maksimum Cemaran Mikroba dan Batas Maksimum Residu dalam Bahan Makanan Asal Hewan. Dewan Standar Nasional. Jakarta

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.