ANALISIS STABILITAS TANAH TIMBUNAN DENGAN PERKUATAN SABUT KELAPA

  • Ferra Fahriani

Abstract

Tanah yang memiliki kekuatan yang rendah menyebabkan ketidakstabilan konstruksi yang dibangun diatasnya. Salah satu usaha peningkatan stabilitas tanah adalah dengan cara penimbunan tanah. Apabila suatu tanah diberikan tambahan beban berupa timbunan maka akan terbentuk lereng baru yang menyebabkan  terjadi perubahan tegangan pada tanah yang berdampak pada perubahan stabilitas  pada tanah.  Tanah timbunan dapat berupa tanah   tanpa bahan tambahan  maupun tanah dengan bahan  tambahan.   Dengan memberikan bahan tambahan diharapkan kekuatan tanah semakin meningkat. Salah satu  bahan tambahan yang dapat digunakan untuk peningkatan kekuatan pada tanah adalah sabut kelapa. Secara teoritis peningkatan kekuatan geser tanah mengakibatkan peningkatan nilai  angka keamanan lereng yang menunjukkan peningkatan pada stabilitas lereng.  Pada penelitian ini dilakukan analisis kestabilan lereng timbunan dengan memodelkan timbunan diatas tanah lunak menggunakan software PLAXIS.  Tanah timbunan yang digunakan dalam analisis berupa tanah dengan penambahan sabut kelapa . Hasil analisis angka keamanan lereng  timbunan menunjukkan peningkatan kestabilan lereng timbunan  pada tanah dengan tambahan 0 sampai  5% sabut kelapa yang ditunjukkan oleh angka keamanan lereng pada masing-masing permodelan  yaitu 3,11;3,20;3,24;3,36;3,47. Peningkatan angka keamanan lereng pada kelapa sampai penambahan 5%   sabut kelapa pada tanah hanya mencapai 11,90 %, dan rata-rata peningkatan angka keamanan lereng  setiap penambahan 1 % sabut kelapa pada tanah timbunan sebesar 2,27 %.

Keywords: Stabilitas Timbunan, Angka Keamanan Lereng, Sabut Kelapa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bowles, JE (1997). Analisis dan Desain Pondasi, Erlangga, Jakarta.

Brinkgreve, R.B.J (1998). Plaxis 2D-Versi 8, A.A Balkema, Rotterdam.

Das, Braja M .(1990). Principle of Foundation Engineering, Second Edition, PWS-KENT Publishing Company, Boston, 13-23.

Fahriani (2015) Analisis Stabilitas Lereng Dengan Perkuatan Ampas Kelapa Sawit. ” FROPIL “ Volume 3 Nomor 1 Edisi Juni 2015

Hardiyatmo, Hary Christady. (2007). Mekanika Tanah 2. Gajah Mada University Press,Yogyakarta.

Hisyam, E S. 2013. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Sawit Untuk Meningkatkan Kekuatan Tanah “FROPIL” Volume 1 Nomor 2 Edisi September 2013.

Ridwan (2014) . Pengaruh Penambahan Sabut Kelapa Terhadap Perkuatan Tanah Lempung. TugasAkhir. Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung.

Wibawa A (2014). Pengaruh Penambahan Limbah Gypsum terhadap Nilai Kuat Geser Tanah Lempung. TugasAkhir. Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung.
Published
2016-12-12
How to Cite
Fahriani, F. (2016). ANALISIS STABILITAS TANAH TIMBUNAN DENGAN PERKUATAN SABUT KELAPA. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 4(2), 115-125. https://doi.org/10.33019/fropil.v4i2.1242
Abstract viewed = 1255 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 489 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>