ANALISIS KONFIGURASI TIANG PANCANG KELOMPOK TERHADAP DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN TIANG

  • Claudya Tamara
  • Ferra Fahriani
  • Ferra Fahriani

Abstract

Pada proyek pembangunan RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang mini pile dengan sistem group pile. Sistem group pile pada pondasi di pembangunan rumah sakit ini direncanakan memiliki jumlah tiang pancang yang berbeda yaitu tiga tiang, empat tiang, lima tiang, enam tiang, tujuh tiang, delapan tiang, dan sepuluh tiang. Sistem group pile  tidak lepas dari perencanaan konfigurasi yang paling baik untuk mendapatkan nilai daya dukung tinggi dan penurunan yang rendah. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dilakukan variasi konfigurasi tiang pancang dengan memodelkan konfigurasi yang berbeda dengan jumlah tiang yang sama dengan pembangunan rumah sakit ini. Selanjutnya, akan dibandingkan nilai daya dukung dan penurunan tiang mana nilai yang terbaik. Perhitungan dalam penelitian ini menggunakan metode langsung (Direct One) dan faktor effisiensi tiang untuk analisis daya dukung tiang sedangkan metode Vesic untuk analisis penurunan tiang. Perhitungan dilakukan berdasarkan data tanah yang didapat berupa data sondir. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa pengaruh konfigurasi tiang pancang kelompok terhadap daya dukung tiang dipengaruhi oleh besarnya effisiensi tiang (Eg) semakin besar effisiensi tiang semakin besar pula daya dukungnya sedangkan pengaruh konfigurasi tiang pancang kelompok terhadap penurunan tiang dipengaruhi oleh besarnya lebar tiang kelompok (Bg) semakin besar lebar tiang kelompok semakin besar pula penurunan tiang kelompoknya.

Keywords: Pondasi, Konfigurasi, Daya dukung pondasi, Penurunan, Sondir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Moinuddin. 2009. Analisis Pengaruh Konfigurasi Tumpukan terhadap Beban Lateral Kelompok Tiang di Pasir. Osmania University.
Bowles. J. E. 1977. Analisis dan Desain Pondasi Jilid I. Erlangga: Jakarta.

Budi, Gogot Setyo. 2011. Pondasi Dangkal. Andi: Yogyakarta.

Firdaus, Wildan. 2011. Studi Perilaku Tiang Pancang Kelompok Menggunakan Plaxis 2D pada Tanah Lunak. Jurnal Teknik Sipil FTSP-ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2014. Analisis dan Perancangan Fondasi I. Edisi Ketiga. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2015. Analisis dan Perancangan Fondasi II. Edisi Ketiga. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Ismeddiyanto dan Sutikno. 2012. Analisis Struktur Konfigurasi Tiang Dermaga terhadap Gaya Lateral. Jurnal Staff Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, November 2012. Universitas Riau.

Rizolla, Ingga Aranka. 2015. Analisis Perbandingan Daya Dukung Fondasi Tapak Menggunakan Perkuatan Cerucuk Dibandingkan dengan Fondasi Sumuran. Skripsi Jurusan Teknik Sipil FT Universitas Bangka Belitung. Bangka Belitung.

Sardjono. 1988. Pondasi Tiang Pancang Jilid II. Sinar Wijaya: Surabaya.

Setepu, T.A. 2014. Analisis Konfigurasi Pondasi Tiang Pancang Kernel Jetty terhadap Gaya Lateral pada Pembangunan Jetty Pulau Laut. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 02 No. 02, Juni 2014. Universitas Sriwijaya.

Wesley. L. D. 2010. Mekanika Tanah. Andi: Yogyakarta.

Yusuf, M dan Aryanto. 2011. Kajian Pengaruh Konfigurasi Kelompok Tiang terhadap Daya Dukung Tanah untuk Perkuatan Fondasi Jalan Tanah Gambut. Jurnal Teknik Sipil UNTAN Vol. 11 No. 1, Juni 2011. Universitas Tanjungpura.
Published
2017-12-20
How to Cite
Tamara, C., Fahriani, F., & Fahriani, F. (2017). ANALISIS KONFIGURASI TIANG PANCANG KELOMPOK TERHADAP DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN TIANG. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 5(2), 69-85. https://doi.org/10.33019/fropil.v5i2.1252
Abstract viewed = 1536 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 1494 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>