PRODUKTIVITAS KERJA PEKERJA DALAM PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA PERUMAHAN DITINJAU DARI SEGI LABOUR UTILIZATION RATE

  • Fathur Rahman Rustan Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Try Sugiyarto Soeparyanto
  • Djordhy Wira Wira Adyaksa

Abstract

Produktivitas tenaga kerja yang baik sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan konstruksi untuk mencapai keberhasilan pekerjaannya. Produktivitas  tenaga kerja  akan  sangat  berpengaruh   juga  terhadap besarnya keuntungan atau kerugian yang diperoleh dalam suatu pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan rangka atap baja berdasarkan tingkat efektifitas dalam bekerja (labour utilization rate) pada suatu pekerjaan konstruksi perumahan.

Penelitian dilakukan dengan pengamatan tingkat produktivitas kerja pekerja selama jam kerja. Selanjutnya menganalisis data pekerjaan efektif dan pekerjaan kontribusi yang dihasilkan dengan waktu kerjanya sehingga didapatkan koefisien produktivitas dalam prosentase tingkat produktivitas (LUR).

Dari hasil analisis diperoleh besar tingkat produktivitas tenaga kerja pemasangan rangka atap baja pada pekerjaan pembangunan perumahan BTN Boulevard Regency Kota Kendari adalah sebesar 82,48% > 50%, artinya produktivitas tenaga kerja dapat dikatakan memuaskan. Sedangkan pengukuran produktivitasnya cukup produktif ditunjukkan dengan hasil produktivitas kerja sebesar 5,66 m2/jam > 4,53 m2/jam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jusmidah, 2016. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Pekerjaan Jembatan Amassangan. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. 1(1): 47-54.
Oglesby, Clarkson H., dkk., 1989. Productivity Improvement in Construction. McGraw-Hill Book Company, New York.
Siagian, Sondang P., 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sinungan, Muchdarsyah, 1992. Manajemen Dana Bank. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sinungan, Muchdarsyah, 2003. Produktivitas: Apa Dan Bagaimana. Bumi Aksara, Jakarta.
Sutrisno, Edi, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Kencana, Jakarta.
Published
2020-06-29
How to Cite
Rustan, F., Soeparyanto, T., & Adyaksa, D. W. (2020). PRODUKTIVITAS KERJA PEKERJA DALAM PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA PERUMAHAN DITINJAU DARI SEGI LABOUR UTILIZATION RATE. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 8(1), 17-24. https://doi.org/10.33019/fropil.v8i1.1719
Abstract viewed = 42 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 12 times