PEMANFAATAN FLY ASH UNTUK PENINGKATAN NILAI CBR TANAH DASAR

  • Yayuk Apriyanti Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
  • Roby Hambali Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Tanah dasar merupakan pondasi bagi perkerasan jalan, baik perkerasan yang terdapat pada jalurlalu-lintas maupun bahu jalan.Sebagai pondasiperkerasan, harus mempunyai kekuatan atau daya dukung terhadap beban kendaraan. Tanah dasar yang mempunyaikekuatanyang rendahakan mengakibatkan perkerasanmudahmengalami deformasidan retak.Berdasarkan klasifikasi tanah dari AASHTO dapat diketahui bahwa salah satu jenis tanah dasar yang dukungnya rendah adalah jenis tanah lempung. Sebagian tanah di daerah Pulau Bangka jenis tanahnya adalah tanah lempung.  Salah satu parameter untuk mengetahui tanah dasar tersebut baik atau tidak dapat dilihat dari daya dukung tanah (kekuatan tanah) yaitu dengan pengujian CBR. Tanah dasar yang kurang baik daya dukung tanahnya memiliki nilai CBR yang rendah. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan stabilisasi kimiawi menggunakan bahan fly ash yang didapat dari hasil pembakaran batu bara oleh perusahaan smelter yang tersedia cukup banyak di Pulau Bangka.Untuk memanfaatkan fly ash ini, maka dilakukanlah penelitian mengenai pemanfaatan fly ash yang digunakan sebagai bahan stabilisasi tanah, dalam hal ini untuk meningkatkan nilai CBR tanah dasar dengan menggunakan variasi fly ash 10%, 13% dan 16% dan umur pemeraman 1, 7, 14 dan 28 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah lempung jenis A-7-6  mengalami peningkatan nilai CBR seiring dengan penambahan prosentase fly ashserta lamaya umur pemeraman.. Peningkatan nilai CBR maksimum terjadi pada Prosentase fly ash 16% umur 28 hari dengan nilai CBR sebesar 15,1%. Prosentase peningkatan nilai CBR sebesar 202 % dari tanah A-7-6  tanpa campuran (tanah asli).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-23
How to Cite
Apriyanti, Y., & Hambali, R. (2018). PEMANFAATAN FLY ASH UNTUK PENINGKATAN NILAI CBR TANAH DASAR. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 2(2), 151-162. https://doi.org/10.33019/fropil.v2i2.278
Abstract viewed = 525 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 337 times