PROFIL KEPADATAN DAN ARUS PADA TASEP 2D DENGAN VARIASI PROBABILITAS INPUT DAN OUTPUT PADA JUNCTION

  • Anisa Indriawati Universitas Bangka Belitung

Abstract

Salah satu pemodelan yang dapat menggambarkan kepadatan kendaraan pada suatu jalan adalah Totally Asymentric Simple Exclusion Process (TASEP). TASEP merupakan suatu proses stokastik dimana partikel yang menempati sebuah kekisi akan bergerak ke kekisi tetangga terdekat selama kekisi tersebut tidak ditempati partikel lain. Pada penelitian ini telah dilakukan pemodelan TASEP 2D dengan satu input dan dua output. Hal ini bisa dianalogikan sebagai fenomena yang terjadi pada kendaraan yang memasuki sauatu jalan pertigaan. Profil kepadatan dianalisis berdasarkan perubahan input dan output.  Fase yang terjadi pada penelitian ini ialah MC-LD-HD dan LD-LD. Arus maksimal terjadi ketika kepadatan partikel memiliki fase MC, dimana probabilitas maksimal arus kepadatan adalah 0.125.Salah satu pemodelan yang dapat menggambarkan kepadatan kendaraan pada suatu jalan adalah Totally Asymentric Simple Exclusion Process (TASEP). TASEP merupakan suatu proses stokastik dimana partikel yang menempati sebuah kekisi akan bergerak ke kekisi tetangga terdekat selama kekisi tersebut tidak ditempati partikel lain. Pada penelitian ini telah dilakukan pemodelan TASEP 2D dengan satu input dan dua output. Hal ini bisa dianalogikan sebagai fenomena yang terjadi pada kendaraan yang memasuki sauatu jalan pertigaan. Profil kepadatan dianalisis berdasarkan perubahan input dan output.  Fase yang terjadi pada penelitian ini ialah MC-LD-HD dan LD-LD. Arus maksimal terjadi ketika kepadatan partikel memiliki fase MC, dimana probabilitas maksimal arus kepadatan adalah 0.125.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipurno, R.A, Dwandaru, W.S.B, Darmawan, D. Ruwanto, B. Simulation. Jurnal sains Dasar. Analysis Of The Totally Asymetric Simple Exclusion Process To Determine The Profil Of The One-Body Correlation Function, Two-Body Correlation Function, And Three-Body Correlation Function Around The Ends Of The Lattice With Lattice Number Variation. Vol.4 No.1. Hal 7-9. 2015

Alhani, Erwan. K, Sulandari. E.,Jurnal Mahsiswa Elektronik Laut, Sipil, Tambang. Analisa Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Jalan Di Pinggiran Kota Pontianak (Kasus Jalan Sungai Raya Dalam). Vol.4. No.4. Hal. 17. Desember 2017.

B. Derrida, E. Domany, and D. Mukamel, J. Stat. Phys. 69, 667 (1992).

Dwandaru, W.S.B, Various Corespondences Between Simple Driven and Equilibrium Statistical Hard and Core Models. 2010. Thesis. University of Bristol.

Noviani.E.P.F, Dwandaru W.S.B, Penyelesaian analitik model Totally Asymmetric Exclusion Process (TASEP) dengan satu kekisi. Proceeding Seminar Nasional Guru Fisika dan Matematika. 2011. pp. 145-153. ISSN: 0852-078X (Unpublished)

Septiana R, Indriawati A, Dwandaru, W.S.B. Makara Journal Sciences. Phase Diagrams and Current Density Profiles of the Totally Asymmetric Simple Exclusion Process in Two Dimensions, for a Three-Way Junction. Vol.18 No.3 Hal. 79-85 doi: 10.7454/mss.v18i3.3719

Published
2020-12-30
How to Cite
[1]
A. Indriawati, “PROFIL KEPADATAN DAN ARUS PADA TASEP 2D DENGAN VARIASI PROBABILITAS INPUT DAN OUTPUT PADA JUNCTION”, JRFI, vol. 1, no. 1, pp. 7-12, Dec. 2020.
Section
Articles
Abstract viewed = 764 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 353 times