PEMBUATAN MASTER PLAN UNTUK PENGEMBANGAN SMK NEGERI 1 PANGKALAN BANTENG DI KALIMANTAN TENGAH

  • Endang Setyawati Hisyam
  • Ferra Fahriani
  • Rohmad Widiyanto Hisyam
  • Dien Feriyandi
  • Adrian Rizwandi Bilmar

Abstract

Terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas salah satunya melalui pendidikan, dimana pendidikan yang baik harus diikuti adanya prasarana yang menunjang diantaranya dengan program Revitalisasi  SMK. Saat ini fasilitas  di SMK Negeri I Pangkalan Banteng Kalimantan Tengah yang ada belum lengkap diantaranya Laboratorium Pemuliaan dan Pembenihan Tanaman  (Lab kultur jaringan tanaman dan Lab pembenihan) selain itu green house, gudang alat dan mesin pertanian. Untuk itu perlu dilakukan revitalisasi pada SMK ini.  Program ini ditangani oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2020. Tujuan dari program revitalisasi ini adalah untuk pengembangan sarana dan prasarana  SMK dengan membuat Master Plan SMK Negeri I Pangkalan Banteng Kalimantan Tengah . Master Plan dibuat dengan bantuan aplikasi komputer yang meliputi perencanaan laboratorium pemuliaan dan pembenihan tanaman, green house, gudang alat, aula, WC, sarana olahraga, pemagran, paping halaman kantor, dan paping halaman upacara pada SMK Negeri I Pangkalan Banteng Kalimantan Tengah.  Hasil dari kegitan ini berupa Master Plan SMK Negeri I Pangkalan Banteng Kalimantan Tengah.Dengan adanya  Master Plan SMK Negeri I Pangkalan Banteng Kalimantan Tengah membantu perencanaan pembangunan sekolah yang lebih terarah, sehingga nantinya masyarakat dapat menikmati fasilitas sekolah yang lebih lengkap dan lebih baik.

Keywords: pembangunan SMK, master plan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endang Setyawati Hisyam

Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

Ferra Fahriani

Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

Rohmad Widiyanto Hisyam

SMK Negeri 1 Pangkalan Banteng, Propinsi Kalimantan Tengah

Dien Feriyandi

SMK Negeri 1 Pangkalan Banteng, Propinsi Kalimantan Tengah

Adrian Rizwandi Bilmar

Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

References

Anonim. 2019. Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pengembangan SMK Rujukan. Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Nafila, A., Prajitna, D., Herwanto, T., & Handarto. 2018. Analisis Struktur Dan Fungsional Green house (Studi Kasus Kebun Percobaan Dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran). Jurnal Teknotan, 12 (1), pp. 36-49.
Heizer, J. & Render, B., 2003. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Maheswari, H. & Firdauzy, A. D., 2015. Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada Pt. Nusa Multilaksana). Jurnal Teknotan, 1 (3), pp. 296-322.
Indriana, D., 2019. Upaya Mewujudkan Undang- Undang Bangunan Gedung Ditinjau Dari Aspek Keandalan Bangunan Gedung. Jurnal Arsitektur Grid – Journal Of Architecture And Built Environment, 1(1), pp. 38-45.
Bae & Sugihardjo, R., 1975. Gambar-gambar Dasar Ilmu Bangunan. Yogyakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang bangunan Gedung.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 29/PRT/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknik Bangunan Gedung.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 71 times
pdf downloaded = 70 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>