PENGARUH PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan edaran tentang pelaksanaan pembelajaran daring (online) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal tersebut memaksa perguruan tinggi mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring terhadap tingkat stres mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah semua mahasiswa aktif Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Variabel analisis regresi linier berganda yang digunakan adalah pembelajaran daring sebagai variabel bebas dan tingkat stres sebagai variable terikat (Y). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, selama proses pembelajaran daring berlangsung, sebanyak 74,2% mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung mengalami kendala pada jaringan internet. Jika dilihat hubungan antara pembelajaran daring terhadap tingkat stres mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung, pelaksanaan ujian memiliki pengaruh yang paling besar ketimbang pelaksanaan kuliah ataupun penugasan. Hal ini terlihat juga dari persamaan regresi yang diperoleh, yaitu Y = -0,496 + 0,156X1+ 0,070X2+ 0,159X3+ e. Berdasarkan tingkat stres, 46,12% mahasiswa cenderung mengalami stres ringan dan 42,24% cenderung mengalami stres sedang akibat pembelajaran secara daring.
Downloads
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.