PENDAMPINGAN DESAIN KEMASAN DAN STIKER PRODUK OLAHAN SEA FOOD SEBAGAI PENCEGAH STUNTING DESA AIK NYATOH

  • Occa Roanisca
  • Nurhadini Nurhadini
  • Selvy Aprilia
  • Kamalia Layal

Abstract

Permasalahan stunting di Bangka Belitung masih menjadi prioritas pemerintah untuk menemukan solusi yang tepat. Bangka Barat khususnya Desa Aik Nyatoh memiliki prevalensi kasus stunting yang tinggi, padahal potensi laut pada desa tersebut sangat tinggi. Oleh karena itu, mitra sasaran melakukan pengolahan produk berbasis sea food untuk dijadikan sebagai produk pencegahan stunting. Untuk mendukung eksistensi dan penerimaan pasar akan produk tersebut diperlukan desain stiker dan kemasan yang menarik dan memenuhi standar. Kegiatan pemberdayaan berbasis masyakat ini akan berfokus pada fasilitasi desain dan pencetakan stiker dan kemasan produk-produk Desa Aik Nyatoh. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini berupa sosialisasi dan pendampingan secara langsung ke mitra sasaran. Hasil
kegiatan ini, mitra sasaran memahami pentingnya desain kemasan dan stiker yang menarik, serta menyetujui desain stiker dan kemasan yang diusulkan oleh tim pengabdi. 

Keywords: Desain, Kemasan, Stiker, Produk, Stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Occa Roanisca

Jurusan Kimia, Universitas Bangka Belitung

Nurhadini Nurhadini

Jurusan Kimia, Universitas Bangka Belitung

Selvy Aprilia

Jurusan Kimia, Universitas Bangka Belitung

Kamalia Layal

Jurusan Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter, Universitas Bangka Belitung

References

BKKBN. 2022. Pola Asuh dan Konsumsi Makanan Instan Sumber Stunting di Bangka Belitung terbit tanggal 27 Oktober 2022. Diakses tanggal 5 April 2023. Tersedia di https://www.bkkbn.go.id/beritapola-asuh-dan-konsumsi-makanan-instan-sumber-stunting-di-bangka-belitung
Darwis, R., S., & Zainuddin, M. 2020. Penguatan Kapasitas Wirausahawan Mikro Menggunakan Metode Pendampingan Di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(2), 107 – 113.
Profil Desa Air Nyatoh Tahun 2022.
Maryanti, S., Sudiar, N., Suci, A., & Hardi. 2021. Riau Untuk Meningkatkan Pendapatan. Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), pp. 191-198.
Nafiati, D., A., & Endang Sri Mulyani, E., S. 2020. Resiliensi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Utilitas, 6(2), 1-8.
Novikasari, L & Setiawati. 2021. Efektivitas pemberian temulawak dan madu terhadap peningkatan berat badan anak dengan status gizi kurang, Holistik Jurnal Kesehatan, 15 (2), pp. 197-202.
Saputri, R.A. 2019. Upaya Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Stunting Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Dinamika Pemerintahan, 2 (2), pp. 152-168.
Published
2023-12-27
Abstract viewed = 288 times
pdf downloaded = 56 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>