PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERDASARKAN MOTIF BATIK CUAL PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Abstract
Kain cual merupakan adat melayu dari kebudayaan Provinsi Bangka Belitung. Awalnya kain cual Bangka ini terkenal sebagai Limar Muntok, tetapi karena harganya cukup tinggi maka industri kreatif memperkenalkan cual dalam bentuk batik. Perkembangan batik cual di Bangka Belitung terus meningkat dengan motif dan desain yang semakin eksis sebagai kain khas Bangka. Berbagai macam motif yang terdiri dari flora, fauna, bentuk geometri, dan benda angkasa seperti bintang yang digunakan sebagai motif pendukung. Motif yang digunakan pada penelitian ini yaitu motif Kembang Gajah dan motif Kembang Cempaka. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi ragam bentuk geometri pada batik cual sebagai media pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan etnografi berdasarkan pengamatan sebagai sumber data langsung. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pembelajaran matematika pada motif batik cual. Terdapat empat buah bangun datar pada motif batik cual dan adanya iterasi atau pengulangan bentuk pada motif batik cual. Bangun datar yang ada pada motif batik cual tersebut adalah persegi panjang, belah ketupat, segitiga sama kaki, dan layang-layang.
Downloads
References
Nilfarisa, R. & Rosandini, M., 2019. Pengembangan Motif kain Cual Khas Provinsi Bangka Belitung untuk Diterapkan pada Produk Fesyen. E-Proceeding of Art & Design, 6, pp. 82-83.
Richardo, R., 2016. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Literasi, 7(2), pp. 120.
Rachmawati, I., 2012. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. E-journal Unnes, pp. 1.
Sandi, Nurdandi, D., Afriani, F., & Tiandho, Y., 2019. Pengaruh Jarak Antara Plat Dalam Penjernihan Limbah Batik Cual Dengan Metode Elektrokoagulasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat, pp. 12.
Zayyadi, M., 2017. Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. IGMA. 2(2), pp. 35-40.
Suharjana, A., Markaban., W.S., & Hanan., 2009. Geometri Datar dan Ruang di SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Raharjo, M. & Madya, W., 2009. Geometri Ruang. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Proceedings of SNPPM FT UBB is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.