SISTEM PREVENTIVE MAINTENANCE CONTROL PADA MESIN BUBUT BJ-1640GD (Studi Kasus Di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung)

  • Dendi Prayoga
  • R. Priyoko Prayitnoadi
  • Saparin Saparin

Abstract

Penelitian mengenai sistem preventive maintenance control (PMC) pada mesin bubut BJ-1640GD (Studi kasus di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung) bertujuan untuk membuat jadwal PMC dan mengetahui sistem PMC di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung. Perawatan mesin bubut BJ-1640GD di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung dilakukan secara breakdown maintenance, yaitu perawatan dilakukan apabila terjadi kerusakan yang disebabkan tidak digunakannya peralatan tersebut karena faktor lingkungan dan mesin sudah melewati umur mesin (kadaluarsa) sehingga harus dilakukan perawatan. PMC merupakan perawatan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan besar, dengan membuat jadwal perawatan. Tahapan dalam membuat jadwal perawatan yaitu menentukan lokasi mesin, mendata jenis mesin, komponen utama, komponen part, tindakan perawatan, durasi perawatan dan kebutuhan perawatan. Sehingga dari penelitian ini dapat diperoleh hasil bahwa sistem PMC belum bisa diterapkan pada laboratorium dikarenakan terdapat hambatan dalam menentukan durasi perawatan yang belum jelas untuk menjadi acuan dalam melakukan perawatan.

Keywords: laboratorium, perawatan mesin, preventive maintenance control, mesin perkakas bubut

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dendi Prayoga
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33172

R. Priyoko Prayitnoadi
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33172

Saparin Saparin
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung

Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33172

References

Adiwidodo, S., 2016. Pengaruh angular dan parallel misalignment terhadap konsumsi energi pada motor listrik. Prosiding SINTA. Politeknik Negeri Malang.
Andari, S. D., 2017. Perencanaan Perawatan Pada Mesin Reactor Polypropylene Dengan Metode Reliability Centered Maintenance. Universitas Brawijaya
Ardian, A., 2010. Perawatan dan Perbaikan Mesin. Kementrian Pendidikan Nasional Universitas Yogyakarta Teknik Mesin, December, pp. 1–77.
Darmanto, 2011. Mengenal Pelumas Pada Mesin. Jurnal Momentum, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Semarang, 7, pp. 5 – 10.
Fikri, A. H., 2012. Perawatan dan Perbaikan Pada Gate Valve. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.
Hamid, H., 2016. Model Perawatan Preventif Sistem PMC (Preventive Maintenance Control) pada Mesin Perkakas Pemesinan di Workshop Teknik Pemesinan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2).
Iqbal M., 2017. Pengaruh Preventive Maintenance (Pemeliharaan Pencegahan) dan Breakdown Maintenance (Penggantian Komponen Mesin) terhadap Kelancaran Proses Produksi di Pt. quarryndo Bukit Barokah. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(3), pp. 33-46.
Nurdjito & Arifin, A., 2015. Handout Mesin Bubut. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Sriwana, Sari dan Praharsi, 2015. Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance pada PT. Artha Prima Sukses Makmur. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), pp. 59-65.
Purwoko, 2018. Pedalaman Materi Perawatan dan Perbaikan Mesin Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 1, pp. 7–8.
Rosa, Y., 2012. Perencanaan dan Penerapan Preventive Maintenance Peralatan laboratorium. Jurnal Teknik Mesin, pp. 106-119.
Triharyanta, Y. D., 2014. Pengolaan Laboratorium Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang. August, pp. 1–130.
Wibowo, Susanti, & Lilya. 2017. Pengaruh Pengencangan Baut Terhadap Frekuensi Natural Pada Model Jembatan Rangka Baja. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil,, 1(1), pp. 251-259.
Published
2021-01-25
Abstract viewed = 1615 times
pdf downloaded = 1639 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>