ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM BUS DI KABUPATEN BANGKA

  • Feriansyah Ramadhani Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Bangka
  • Ormuz Firdaus Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
  • Endang Setyawati Hisyam Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Peningkatan sarana dan prasarana transportasi di Bangka Belitung yang terus dilakukan, untuk mengimbangi permasalahan transportasi yang terjadi belum memberikan pengaruh yang signifikan bagi permasalahan yang dihadapi. Dominannya pengguna kendaraan pribadi perlu diimbangi dengan pembangunan sarana angkutan berupa angkutan umum bus. Angkutan umum bus merupakan suatu penerapan manajemen lalu lintas dengan meniru carpooling yang mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang digunakan menuju pusat kegiatan dengan satu armada angkutan umum berupa bus. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi dan sistem operasional angkutan umum bus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei lapangan yaitu penyebaran kuisioner kepada responden serta wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terkait. Analisis yang  dilakukan  meliputi analisis karakteristik sosial-ekonomi masyarakat dan analisis perencanaan operasional angkutan. Dari hasil analisis yang telah  dilakukan, diperoleh bahwa sebagian besar (71,8 %) responden menggunakan sepeda motor ke tempat tujuan dengan maksud perjalanan sebagian besar (52,1 %) untuk bekerja, diperoleh 5 rencana trayek angkutan umum bus di Kabupaten  Bangka dengan waktu siklus antara 90 s/d 245 menit, dengan headway 10 menit.

Keywords: Angkutan umum bus, sistem operasional, perencanaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Perhubungan. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek dan Teratur, Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Departemen Perhubungan. 2003. Keputusan Mentri Perhubungan Nomor KM. 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan angkutan Orang di Jalan dengan Kendaraan Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Departemen Perhubungan. 1993. Peraturan Pemerintah No.41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Departemen Perhubungan. 1996. Penentuan Jumlah Armada dan Penjadwalan. Jakarta: Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan Pusat Pendidikan dan Latihan Perhubungan Darat.

Ekasari, Mutia Astri. 2016. Evaluasi Rute dan Halte Bus di Kota Bandung. Bandung: Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Unisba.

Eldon, Mokhamad. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Transportasi Bus Sekolah Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulunagung. Tulungaguang: Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung .

Firmansya Al Rasyid, Bagus Rio. 2015. Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Perum Damri Unit Angkutan Bus Khusus Gresik-Bandara Juanda. Surabaya: FISIP Unair .

FSTPT – ITB. 1999. Studi Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) di DKI Jakarta. Bandung : Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil.

Igbal, H. M. 2002. Pokok – Pokok Materi Statistik 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara. LPM – ITB. 1997. Studi Kelayakan Proyek Transportasi. Bandung: Lembaga Pengabdian Masyarakat ITB bekerjasama dengan Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil ITB.

Junior Natal Pangodian, Natal. 2016. Analisis Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Kota Manado (Studi Kasus : Paal Dua-Politeknik). Manado: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi.

Ortuzar, J.D. 1994. Modeling Transport. England: John Wiley & Sons, Chichester.

Parikesit, D. 1993. Kemungkinan Penggunaan Stated Preferrence dalam Perencanaan Angkutan Umum. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UGM.



Pearmain, D. 1990. Stated Preference Technigues. Belanda: A Guide to Practice. Hague Consultancy Group, Den Haag.

Santoso, I. 1996. Perencanaan Prasarana Angkutan Umum. Bandung: Pusat Transportasi dan Komunikasi. Institut Teknologi Bandung.

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsitu Bandung.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Warpani S.P. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB.

Widayanti, Ari, dkk. 2014. Permasalahan dan Pengembangan Angkutan Umum di Kota Surabaya. Surabaya: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Published
2018-06-07
How to Cite
Ramadhani, F., Firdaus, O., & Hisyam, E. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM BUS DI KABUPATEN BANGKA. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 6(1), 14-28. https://doi.org/10.33019/fropil.v6i1.1262
Abstract viewed = 72 times
pdf downloaded = 193 times