PENGARUH PERGERAKAN ANGKUTAN UMUM TERHADAP KELANCARAN ARUS LALU LINTAS

  • Sulastri Sulastri Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
  • Ormuz Firdaus Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung

Abstract

Angkutan umum merupakan salah satu sarana transportasi darat yang masih digunakan oleh sebagian masyarakat  dalam menunjang mobilitas  untuk melakukan  aktivitasnya.  Penelitian ini dilakukan  dengan  metode  survei  lapangan  secara  langsung.  Berdasarkan  analisis,  diperoleh headway rute Pasar – Girimaya yaitu sebesar 2,78 menit dengan pergerakan angkutan umum dalam 12 jam sebanyak 251 angkutan umum, dan headway rute Pasar – Sampur sebesar 2,94 menit dengan 235 jumlah angkutan umum yang melewati jalan Rusli Romli, dapat menunjukkan bahwa pergerakan angkutan umum di jalan Rusli Romli kurang efektif. Dan dari nilai DS pada sore hari sebesar 0,19 termasuk kedalam tingkat pelayanan A yaitu kondisi arus lalu lintas bebas. Tetapi berdasarkan kecepatan tempuh yaitu sebesar 22,19 km/jam dan kecepatan arus bebas yaitu 42,80 km/jam. Situasi tersebut dikarenakan banyaknya kendaraan yang parkir di sisi jalan selain itu banyak angkutan umum yang menjadikan sepanjang jalan Rusli Romli sebagai terminal bayangan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pengurangan jumlah armada yang beroperasi agar faktor muatan penumpang mencapai 70 %, dengan mengurangi jumlah armada angkutan umum rute Pasar - Girimaya sebanyak 15 angkutan umum dan rute Pasar - Sampur sebanyak 25 angkutan umum, selain itu perlu adanya terminal yang cukup luas, dan perlu adanya penertiban terminal bayangan angkutan umum oleh pihak-pihak yang bersangkutan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-23
How to Cite
Sulastri, S., & Firdaus, O. (2018). PENGARUH PERGERAKAN ANGKUTAN UMUM TERHADAP KELANCARAN ARUS LALU LINTAS. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 2(1), 80-91. https://doi.org/10.33019/fropil.v2i1.271
Abstract viewed = 1679 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 576 times