ANALISIS POLA PERJALANAN ORANG DI KOTA PANGKALPINANG
Abstract
Perkembangan pembangunan di wilayah Kota Pangkalpinang yang begitu pesat telah membawa implikasi kepada pesatnya pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, ekonomi, pembangunan sarana dan prasarana, pembangunan industri, perdagangan serta pariwisata yang telah membawa pengaruh sangat besar terhadap meningkatnya mobilitas atau pergerakan yang berarti pula bertambahnya waktu dan biaya perjalanan di dalam sistem lalu lintas tersebut. Penelitian analisis pola perjalanan di Kota Pangkalpinang ini dilakukan dengan survei wawancara rumah tangga atau kuesioner dan survei lalu lintas harian rata-rata pada ruas jalan beserta data sekunder yang dibutuhkan pada penelitian ini. Sedangkan pola perjalanan setiap hari disuatu kota yang akan terbentuk merupakan gabungan dari pola perjalanan bekerja, pendidikan, belanja dan kegiatan sekolah. Berdasarkan hasil analisis terhadap karakteristik perjalanan orang di kota Pangkalpinang diperoleh informasi bahwa taraf kehidupan sebagian masyarakat kota Pangkalpinang sudah semakin membaik bila ditinjau dari segi ekonomi, hal ini terlihat pada peningkatan persentase pendapatan rumah tanggaantara Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000/bulan dengan komposisi pekerja yang lebih dominan daripada pelajar. Dalam melakukan perjalanannya sehari-hari, sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan jenis sepeda motor sebesar 75,86% yang kepemilikannya setiap tahun mengalami peningkatan yang jauh lebih tinggi daripada jenis kendaraan yang lain seperti kepemilikan mobil sebesar 11,78%. Matriks asal-tujuan menunjukkan bahwa Perjalanan yang berasal dari zona asal-tujuan yang sama lebih mendominasi dalam 1 kecamatan. Wilayah dengan asal-tujuan perjalanan tertinggi adalah Rangkui, dan yang terendah Pangkalbalam. Ini menunjukkan bahwa perjalanan yang dilakukan sebagian besar masyarakat kota Pangkalpinang masih dalam jarak relatif dekat atau masih dalam wilayah internal.