PEMBINAAN TATA KELOLA manajemen PADA ENAM USAHA WARUNG MAKANAN DALAM MEWUJUDKAN KAMPUNG PANGAN HALAL DESA BALUNIJUK

  • Occa Roanisca
  • Anis Nurohma
  • Maya Yusnita
  • Robby Gus Mahardika

Abstract

Kampung pangan halal merupakan program utama antara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan LPPOM MUI Bangka Belitung. Tujuan program tersebut sebagai penguatan ekonomi dan kualitas masyarakat. Desa Balunijuk merupakan desa pusat pendidikan. Berbagai sarana pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi berada di desa tersebut. Peluang itu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuka usaha warung makanan. Tingkat pendidikan terakhir pemilik warung makanan berpendidikan rendah ≤ SMA. Kemampuan manajerial yang dimiliki oleh pemilik warung sangat lemah. Oleh karena itu, dilakukan pembinaan secara langsung kepada enam usaha warung makanan di Desa Balunijuk sesuai dengan standar HAS 23000. Diharapkan enam usaha warung makanan tersebut sebagai inisiator bagi usaha warung makanan lainnya di Desa Balunijuk untuk mendapatkan sertifikat Halal LPPOM MUI, sehingga Kampung Pangan Halal Desa Balunijuk dapat terwujud. Metode yang dilakukan pada kegiatan PKM ini berupa pembinaan melalui kunjungan langsung pada enam usaha warung makanan. Tim PKM terdiri dari Dosen jurusan kimia FT UBB, Dosen jurusan manajemen FE UBB, dan auditor LPPOM MUI. Hasil dari kegiatan pembinaan ini adalah pemilik usaha bersedia membuat pembukuan sederhana, menggunakan bahan baku yang telah bersertifikat halal, serta telah dilakukan pembagian tugas antara pekerja pada usaha warung makanan yang akan bertanggung jawab pada aktivitas kritis pada proses produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kominfo. 15 April 2019. Kampung Pangan Halal Menuju Bangka Belitung Berkah, diambil dari https://babelprov.go.id/content/kampung-pangan-halal-menuju-bangka-belitung-berkah.

LPPOM MUI. Persyaratan Sertifikasi Halal MUI, diambil dari http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/58/1366/page/1

Nurmaydha, A., Mustaniroh, S.A., dan Sucipto. 2018. Pengembangan Konsep Model Sistem Jaminan Halal Pada Restoran (Studi Kasus UNIDA Gontor Inn Universitas Darussalam Gontor). Jurnal Teknologi Pangan, 19(3), pp. 141-152.

Profil Desa Balunijuk Tahun 2017, Hijau Indonesiaku, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Republika. 04 Agustus 2019. Program Kampung Pangan Halal Bertujuan Menguatkan Ekonomi Umat dan warga, diambil dari https://babelprov.go.id/content/kampung-pangan-halal-menuju-bangka-belitung-berkah.

Roanisca, O dan Mahardika, R.G. 2018. Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Mikro Di DesaBalunijuk Menjadi Usaha MikroKompetitif Halalan Toyyiban. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 5(1), pp. 13-17.
Published
2019-09-17
Abstract viewed = 79 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 44 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>